DaerahPolitik Pemerintahan

Songsong Pilkada 2020, KPU Touna Gandeng Mahasiswa Untad II Touna Gelar Seminar Nasional

Touna, Satusulteng.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) bekerjasama dengan mahasiswa Untad Kampus II Kabupaten Touna menggelar Seminar Nasional, Senin (2/3/2020) bertempat di Aula Hotel Pink Ampana.

Kegiatan dengan mengambil tema “Refleksi Pemilu Serentak 2019 Menyongsong Pemilihan Serentak 2020 Yang Demokratis dan Berintegritas” dibuka oleh Ketua KPU Touna, Dirwansyah Putra, S.I.Kom.

Hadir sebagai Narasumber yakni Komisioner KPU RI periode 2012 s/d 2017 dr. Ferry rizky kurniansyah, S.IP.,M.Si, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Tanwir Lamaming, SS.,MA dan Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Naharudin, SH.,MH serta diikuti oleh kurang lebih  700 orang peserta berasal dari SKPD Dinas/Badan/Kantor se Kabupaten Touna, Bawaslu Touna, pimpinan Partai Politik, Komisoner KPU Touna periode 2013-2018, Mahasiswa, Guru dan Pelajar.

“Tujuan kegiatan ini guna membahas terkait dengan Pemilihan tahun 2020 dengan mengambil beberapa hikmah dari pemilihan serentak tahun 2019,” kata Ketua KPU Touna, Dirwansyah Putra saat membuka kegiatan itu.

Dirwansyah mengatakan, bahwa perlu kami sampaikan KPU Touna dalam pemilihan serentak 2019 mendapatkan empat penghargaan dari KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

“Empat penghargaan itu, yakni dari bidang data pemilih, tata kelolah keuangan, partisipasi masyarakat dan pelaporan keuangan,” ujarnya.

Lanjut kata Dirwansyah, untuk angka partisipasi pada tahun 2019 kemarin, Kabupaten Touna berada di level 84 persen. Angka tersebut melampaui target yang di sampaikan oleh KPU Ri 77,5 persen.

“Olehnya, capaian-capaian yang telah dilakukan bersama ini, adalah hasil kerja kita bersama, hasil partisipasi aktif masyarakat didalam pemilihan umum pada tahun 2019. Kami berharap dengan kegiatan ini, dapat melahirkan suatu pencerahan demi suksesnya pemilihan tahun 2020,” harap Driwansyah.

Dikatakannya, bahwa Kabupaten Touna pada tahun 2020 akan menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna pada tanggap 29 September 2020.

“Kami sangat berharap masyarakat kembali aktif, tidak hanya pada proses pemilihan hari pemungutan suara, tetapi masyarakat harus aktif memberikan subangsih pemikiran, masukan, bahkan bila perlu laporan terhadap kerja-kerja tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu KPU Touna,” tuturnya.

Dia berharap,  semoga apa yang  telah dicapai dapat dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan.(yya).

Facebook Comments
  •  
    4
    Shares
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
yahya lahamu
the authoryahya lahamu