Politik PemerintahanSigi

YKMI Siap Bangun Jembatan Gantung di Sigi

ykmi kickoffykmi kickoff

Sigi, Satusulteng.com – Bertempat di aula kantor Bupati Sigi, Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia (YKMI) menggelar kick-off workshop “Rekonstruksi Infrastruktur Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Masyarakat Di Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah” pada Rabu, 29 Januari 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Donor, pemerintah Kabupaten Sigi, dan beberapa pemangku kepentingan lainnya. Selain sebagai sosialisasi, kegiatan ini juga sebagai bentuk koordinasi antar pemangku kepentingan terkait rencana pembangunan kembali jembatan gantung di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi yang rusak karena banjir bandang tahun lalu.

Dalam workshop ini, pihak UNDP selaku donor, diwakili oleh Mambaus Su’ud memaparkan, pemilihan Desa Tuva sebagai lokasi pembangunan kembali jembatan gantung dikarenakan dapat membantu pemulihan ekonomi warga Desa Tuva, karena jembatan gantung tersebut merupakan akses bagi warga untuk mengangkut hasil panen mereka. Selain itu pertimbangan lainnya adalah Desa Tuva merupakan salah satu daerah yang terdampak gempa bumi pada tahun 2018 yang lalu.

Mewakili Bupati Sigi, Ketua BPBD Kabupaten Sigi Bapak Asrul Repadjori menyampaikan bahwa pemerintah sangat berharap fasilitas yang dibangun nantinya bisa dijaga dan dipelihara dengan baik. Beliau juga menambahkan bahwa Pemerintah akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk bersama-sama bangkit dan membangun kembali Desa Tuva.

Sementara itu Kepala Desa Tuva, Bahtiar mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam program pembangun kembali jembatan gantung Desa Tuva yang memiliki peran yang sangat penting bagi warga dan merupakan prioritas rekonstruksi pasca bencana di Desa Tuva.

Program pembangunan kembali jembatan gantung ini didanai oleh UNDP, Badan Program Pembangunan PBB melalui program PETRA (Programme for Earthquake and Tsunami Reconstruction Assistance). Selaku Program Manager YKMI, Tatang Husaini, menyampaikan ucapan terima kasih kepada UNDP yang telah memberikan kepercayaan kepada YKMI sebagai mitra pelaksana.

Pembangunan jembatan gantung Desa Tuva direncakan akan segera dimulai dalam waktu dekat dan akan berlangsung hingga Desember 2020. Selaku pihak pelaksana, YKMI sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Sigi, pemerintah Desa Tuva dan pemangku kepentingan lainnya demi keberhasilan program ini.

Selain pembangunan jembatan gantung, YKMI melalui program PETRA yang didanai oleh UNDP juga akan melakukan kegiatan lainnya di Desa Tuva, antara lain Penguatan Kapasitas BUMDES, Penguatan Kapasitas Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dan Pembangunan Balai Pertemuan Masyarakat.

satusulteng
the authorsatusulteng