Politik Pemerintahan

Sudarto Hadiri Pelantikan Pengurus PAN Se-Sulteng

Palu, Satusulteng.com – Wakil Gubernur H. Sudarto, SH, M.Hum menghadiri acara pelantikan pengurus DPW dan DPD Partai Amanat Nasional se Sulawesi Tengah Periode 2015-2020 yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Hari Minggu (24/7), bertempat di Hotel Mercure.

Dilantik sebagai Ketua DPW PAN Sulteng H. Oskar R. Paudi bersama 13 ketua DPD PAN kabupaten/kota se Sulteng. Total pengurus yang dilantik lebih kurang 740 orang.

“Saya menyampaikan selamat dan apresiasi kepada saudara-saudara yang dilantik, semoga beban amanah yang diberikan partai dapat saudara laksanakan dengan baik dan tanggungjawab,” ujar wagub melanjutkan sambutan tertulis gubernur.

Menurut wagub, PAN adalah mitra penting pemerintah daerah dalam membangun kehidupan berpolitik dan berdemokrasi di Sulawesi Tengah. “Perkembangan kehidupan politik dan demokrasi di negeri ini salah satunya juga ditentukan sejauhmana peran serta partai politik, khususnya Partai Amanat Nasional dalam mencerdaskan dan mematangkan kedewasaan berpolitik dan berdemokrasi di masyarakat,” tambahnya.

Olehnya itu, Ia mengimbau kepada pengurus yang baru dilantik agar bisa menjadi teladan baik bagi anggota-anggota partai maupun masyarakat. Apalagi dalam penilaian wagub, rakyat semakin cerdas dan kritis menilai kualitas parpol.”Saudara harus menunjukkan kinerja terbaik karena sekarang rakyat menunggu bukti dan kerja nyata bukan hanya janji dan retorika belaka,” imbuhnya.

Akhirnya, wagub berharap momen pelantikan sekaligus konsolidasi internal PAN tersebut, bisa menyatukan insan partai dalam  membangun kehidupan politik dan demokrasi Sulteng yang dinamis, sehat dan toleran, sekaligus jadi contoh bagi parpol lain di Sulteng. “Semoga PAN bisa menjadi model pembelajaran bagi partai-partai lain dalam rangka meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik rakyat serta mewujudkan kondisi stabilitas politik yang harmonis dan kondusif,” tutupnya.

Senada dengan wagub agar kader-kader PAN menunjukkan kinerjanya, Ketum PAN juga meminta kader-kadernya bekerja lebih keras bila bercita-cita menjadi anggota legislatif. “Semuanya kembali ke diri Kita masing-masing bukan partai,” tuturnya. “Tidak ada keberhasilan tanpa upaya, semua lewat jalan terjal dan keras, ngga ada duduk-duduk bangun siang jadi DPR (anggota legislatif),” pungkasnya mengingatkan.

Selain melantik dan berkonsolidasi dengan kader, kesempatan itu juga dimanfaatkan Ketum PAN sekaligus Ketua MPR memberikan ceramah 4 pilar kebangsaan usai istirahat makan siang.

satusulteng
the authorsatusulteng