DaerahPolitik Pemerintahan

Sientje Nayoan Gagas Forum Politisi Perempuan DPRD Banggai

Banggai, Satusulteng.com – Politisi Perempuan yang juga Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Banggai, Sientje Nayoan mengagas Forum Politisi Perempuan untuk memaksimalkan peran perempuan dalam pengambilan kebijakan pada level tertinggi di Kabupaten Banggai.

Menurut Sientje, peran perempuan dalam politik masih diletakan di pinggiran kekuasaan dan pengambilan keputusan. Penempatan perempuan seringkali hanya sekedar memenuhi kuota affirmasi.

Padahal kata dia, banyak politisi perempuan di Kabupaten Banggai yang berprestasi dan memiliki gagasan yang cemerlang. ” kita berharap forum politisi perempuan ini dapat menjadi wadah untuk berbagi inisiatif dan aspirasi perempuan dan anak,” ujarnya.

Sientje mengatakan, kita tidak hendak membangun politik pemisahan jenis kelamin. Tetapi justru hendak mendorong adanya emansipasi dalam pengambilan keputusan dengan partisipasi luas kaum perempuan,” terangnya.

Lebih lanjut politisi perempuan ini juga menaruh perhatian pada edukasi politik yang positif. Katanya, jika perempuan memiliki peran yang maksimal dan efektif, maka aspirasi kaum perempuan dan anak di Kabupaten Banggai bisa dimasukan sebagai kebijakan strategis daerah. ‘ tujuan kita adalah adanya kebijakan anggaran yang responsif gender dan sensitif terhadap anak-anak,” terangnya.

Kata Sientje, forum ini akan memaksimalkan keberadaan politisi perempuan yang sedang eksis. Tetapi juga akan membuka diri pada politisi lain yang memihak pada perempuan dan anak.

satusulteng
the authorsatusulteng