DaerahPolitik Pemerintahan

Ratusan Calon PPK KPU Touna Ikut Tes Tertulis, 14 Peserta Tidak Hadir

Touna, Satusulteng.com – Sebanyak 277 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tojo Una-Una (Touna) dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2020, mengikuti tes tertulis, Minggu (2/2/2020).

Dari jumlah tersebut, 14  peserta diketahui absen tidak mengikuti ujian tertulis yang dipusatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Touna, di Gedung  SMP Negeri 3 Ampana Kota, Kabupaten Touna.

Pantauan media ini, hadir dalam kegiatan tersebut Ketua dan seluruh Komisioner KPU Kabupaten Touna, Sekertaris KPU Touna, para Kasubag dan staf yang menjadi panitia pelaksana kegiatan tes tertulis Calon Anggota PPK.

Hadir pula, staf Bawalu Touna, Surya Sahrul Rajab bersama Anggota Panwascam Kecamatan Ampana Kota dan Kecamatan Ratolindo.

Saat dikonfirmasi terkait peserta calon PPK yang tidak hadir, Ketua KPU Kabupaten Touna, Dirwansyah Putra menyampaikan, bahwa secara otomatis, peserta yang tidak ikut tes tertulis hari ini dinyatakan gugur.

“Sebelumnya peserta yang lolos seleksi administrasi sebenarnya ada 291 orang. Namun, 14 orang di antara mereka tidak bisa mengikuti tes tertulis,” kata Dirwansyah Putra, Minggu (2/2/2020).

Menurut Dir nama sapaan Ketua KPU Kabupaten Touna, kegiatan itu adalah bagian dari persiapan KPU Kabupaten Touna untuk melaksanakan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Touna dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2020.

“Seleksi panitia pemilihan kecamatan untuk 12 kecamatan. Tahapan seleksi itu dimulai dari tahapan pengumuman dan pendaftaran. Kemudian seleksi administrasi dan hasil seleksi

Lanjut Dir, setelah tes tertulis, KPU akan melanjutkan dengan pemeriksaan hasil tes tertulis dan akan diumumkan pada tanggal 6-8 Februari 2020.

Peserta yang lulus tes tertulis akan mengahasilkan 10 orang, selanjutnya akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 9-11 Februari 2020 dan dari hasil wawancara nantinya akan menghasilkan lima dari 10 orang.

“Apabila tidak ada tanggapan dari masyarakat maka akan ditetapkan dan dilantik sebagai PPK untuk masing-masing 5 orang per kecamatan. Sehingga bisa melaksanakan tugas-tugas terkait Pilkada Touna 2020,” tutupnya.(yya/mad).

Facebook Comments

yahya lahamu
the authoryahya lahamu
WhatsApp us whatsapp