Ratusan Calon Kepala Desa Tes Narkoba di BNNK Touna

Touna, Satusulteng.com – kurang lebih dari 133 orang calon kepala desa (cakades) melakukan tes urine di kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tojo Una-una, jalan Sungai Bongkar, Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Tojo Una-una.

Mereka ini para calon kepala desa yang bakal bersaing dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak November 2019 mendatang yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una-una.

Ratusan calon kades berbondong-bondong datang ke kantor BNNK Tojo Una-una, untuk memenuhi persyaratan Pemilihan kepala desa di 76 desa yang digelar serentak di Kabupaten Tojo Una-una.

Persyaratan ini merupakan bagian dari peran pemda Tojo Una-una dalam mendukung upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran narkoba di Kabupaten Tojo Una-una.

Kepala BNNK Tojo Una-una AKBP Djohansah Rahman, S.Pd mengatakan, sejauh ini kurang lebih 133 cakades melakukan tes urin di BNNK Tojo Una-una.

“Para calon kades ini melakukan tes urin sejak bulan Mei hingga sampai saat ini,” kata AKBP Djohansah Rahman kepada media ini, Rabu (24/07/2019).

Lanjut kata AKBP Djohansah, sejauh ini, dalam tes urine yang dilakukan di Kantor BNNK Tojo Una-una, petugas belum menemukan calon kades yang positif.

“Tes urine kami anggap sangat perlu dan kami menyambut baik. Ini sebagai upaya untuk memberantas narkoba dan melakukan sosialisasi,” terang Djohansah.

Djohansah menyebutkan, setiap calon kepala desa yang melakukan tes, tidak hanya dites kencingnya, melainkan juga dilakukan pemeriksaan dan wawancara oleh dokter yang sudah disiapkan.

“Kita tak memungut biaya sama sekali. Hanya saja calon kepala desa yang melakukan tes urine diwajibkan membeli alat tes urine sendiri,” pungkas Djohansah.

339 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Facebook Comments