DaerahPolitik Pemerintahan

Penyuluh Berperan Penting Dalam Meningkatkan SDM

Touna, Satusulteng. Com – Wakil Bupati Tojo Una-una, Admin AS. Lasimpala mengatakan, penyuluh sangat berperan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama petani, nelayan serta manusia mendapatkan produktivitas dari sector kkehutanan

Hal ini sesuai dengan amanat undang-undang No 16 tahun 2006 tentang system penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan yang menyebutkan bahwa bukan hanya sekedar transfer teknologi tapi juga mencakup pembelanjaran terhadap pelaku utama dalam hal ini petani dalam kemampuanm mengakses pasar dan permodalan,” kata Wabup saat membuka temu teknis penyuluh se-Kabupaten Tojo Una-una, Senin (26/09/2016) kemarin diaudutorium kantor Bupati setempat.

Dikatakannya, terdapat 5 Aspek penting dalam sistim penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan yaitu, aspek kelembagaan penyuluh, ketenagaan penyuluh, aspek penyelenggaraan penyuluh, aspek pembinaan penyuluh dan aspek sarana dan prasarana.

“Olehnya 5 aspek tersebut dapat diatasi dan ditangani lebih baik sehingga penyelengaraan penyuluhan dapat dilaksanakan lebih baik, lebih mantap sehingga akan mencapai apa yang diharapkan,” pintanya.

Dia juga berharap, kedepannya penyuluhan yang lebih terkoordinasi dan terpadu dapat diwujudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dan perubahan sikap pelaku utama dan pelaku usaha.
“Sehingga dapat meningkatkan produktifitas pendapatan dan kesejahteraan baik petani nelayan dan keluarganya,” harapnya.

yahya lahamu
the authoryahya lahamu