Besok, Menteri Susi Buka Festival Pulo Dua Luwuk

Luwuk, Satusulteng.com – Wow! Festival Pulo Dua, Pesona Luwuk Banggai, akan dibuka Kamis (25/7/2019) besok.

Istimewanya, festival yang merupakan bagian dari 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia ini akan dibuka oleh Susi Pudjiastuti, Menteri Perikanan dan Kelautan dan Ibu Esthy Reko Astuty Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Kordinator 200 Calendar of Events Wonderful Indonesia (100 CoE WI).

Menurut Bupati Kabupaten Banggai H Herwin Yatim, yang didampingi Wakil Bupati Banggai H Mustar Labolo, dalam jumpa pers di Luwuk, Selasa (23/7/2019), aneka support telah diberikan pemerintah pusat dalam kegiatan spektakuler ini.

Sebut saja, kata Herwin Yatim, support dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Terbukti, untuk Festival Pulo Dua yang masuk dalam 100 CoE WI, diperlihatkan Arief Yahya, dengan memboyong artis ibukota Jakarta ke Luwuk untuk meramaikan opening ceremony besok. Juga support properti lainnya untuk kegiatan ini.

Bahkan, lanjut Herwin –yang dalam jumpa pers saat itu ikut didampingi Asisten 1 Setkab Banggai Judy Amisudin, Kadis Pariwisata Banggai Paiman Karto dan Ketua Banggai Tourism Board Dino Gobel– saking antusias terhadap alam cantik dan ramahnya masyarakat Kabupaten Luwuk Banggai, Menteri Susi bahkan akan tinggal selama 4 hari, 3 malam di Luwuk menikmati Festival Pulo Dua sambil berolahraga paddling (olahraga ini memadukan dua alat yakni dayung/paddle dan papan selancar/board) di laut Pantai Kilo 5 yang berwarna khas hijau.

Dilanjutkan Herwin, support tak kalah istimewanya juga datang dari manajemen maskapai Batik Air.

“Sejak kemarin hingga 6 bulan kedepan, para pramugari Batik Air di jalur terbang direct Jakarta-Luwuk (dinihari) dan jalur Jakarta-Makasar-Luwuk (pagi) serta Luwuk-Jakarta (sore), akan menggunakan kain batik tradisional asal Kabupaten Banggai bernama Kain Nambo,” kata Herwin Yatim.

Penumpang pun akan disapa oleh pramugari tentang ajakan berwisata ke Luwuk Banggai.

“Walhasil, 3 hotel berbintang di Kota Luwuk, yakni Hotel Swisbell, Hotel Santika dan Hotel Estrella (d/h Aston) melaporkan, okupansi mereka mencapai 80 persen jelang dan sesudah festival. Hal yang sama dialami 9 hotel budget di kota berjulukan Berair ini,” kata Herwin Yatim yang dikenal sebagai Bupati sarat prestasi nasional ini.

Pemantauan wartawan, persiapan terus dilakukan Pemkab Banggai yang dipimpin langsung Bupati Herwin Yatim dan pasangannya Wabup Mustar Labolo.

Istimewanya pula dalam persiapan ini, Pemkab juga melibatkan kalangan swasta stakeholder pariwisata ikut terlibat dalam komando Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Banggai atau Banggai Tourism Board (BTB).

Festival Pulo Dua sendiri akan resmi dibuka Kamis (25/7/2019) di tepi Teluk Lalong nan cantik di tengah kota Luwuk. Pembukaan akan dimulai jam 19.30 WITA.

Jumat (26/7/2019), acara inti dilanjutkan di Pulo Dua Kecamatan Balantak Utara. Acara akan berlangsung hingga 28 Juli di desa berjarak tempuh 2 jam berkendaraan dari kota Luwuk ini.

Sejumlah atraksi menarik akan ditampilkan di Festival ini, diantaranya paragliding, tari kolosal ratusan penari, lomba underwater di taman laut Pulo dua, expo kuliner, Fashion on The Beach, Grand Final Tatu Udu Banggai 2029 hingga penampilan artis Jakarta di pembukaan Luwuk dan malam penutupan di Pulo Dua.

“Nah, untuk torang semua yang penasaran tentang Kabupaten Luwuk Banggai? Ayo berwisata dan hadiri Festival Pulo Dua,” kata Dino Gobel Ketua Banggai Tourism Board.

330 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments