DaerahPolitik Pemerintahan

Uskup MGR. Yoseph Suwatan MSC Kunjungi Touna

Touna, Satusulteng.com – Merupakan bagian dari tugas pelayanan selaku pimpinan tertinggi umat katolik yang ada di wilayah Sulawesi utara, Sulawesi tengah dan Gorontalo Uskup Mgr.Yoseph Suwatan, MSC melakukan kunjungan dan ramah tamah di Gereja Santo Paulus Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Selasa (19/07/2016).

Kunjungan dan ramah tamah  Uskup Mgr. Yoseph Suwatan,  MSC di Gereja Santo Paulus Ampana, Kabupaten Touna, dihadiri oleh Wakil Bupati Touna, Admin As Lasimpala.SIP, pejabat Bimas Kristen, Kamenag Touna, para pendeta dan pimpinan denominasi gereja-gereja yang ada di Ampana, serta seluruh umat katolik Stasi Ampana, Stasi Dataran Bulan, Stasi Bunta dan Stasi Pagimana.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Admin As.Lasimpala.Sip menyatakan bahwa representasi Negara bagi masyarakat adalah pemerintah yang harus hadir ditengah-tengah masyarakat.

“Olehnya sebagai bagian dari pimpinan pemerintah daerah harus juga hadir di tengah-tengah masyarakat tanpa melihat apapun suku, agama dan kepercayaannya. Artinya sudah kewajiban saya selaku pimpinan pemerintah untuk ada di tengah semua umat beragama yang ada di masyarakat Touna,” kata Wakil Bupati.

Ia menjelaskan, bahwa pemahaman sebagai bagian minoritas umat beragama dimasyarakat cukup ditempatkan pada segi kuantitas saja, dimana setiap kita tak perlu merasa rendah diri karena kita semua adalah bagian dari rakyat bangsa dan Negara ini yang mempunyai hak sama.

Dalam setiap kebijakan dan rencana kerja pemerintah hendaknya harus diseimbangkan dengan kebutuhan dan kepentingan umat beragama,” jelasnya.

Menanggapi laporan dari umat katolik atas belum tersedianya tenaga pengajar atau guru agama katolik di Touna hingga saat ini.

Wakil bupati menyaranakan kepada pihak stasi Ampana agar mengajukan permohonan secara tertulis terkait hal ini kepada pemerintah yang nantinya akan ditindak lanjuti oleh pemerintah melalui dinas terkait yang ada.

Pada kesempatan itu pula Wakil Bupati Touna diberikan kesempatan untuk menyerahkan bingkisan mewakili umat katolik Paroki Santa Maria Bintang Kejora Luwuk Rayon Santo Paulus Ampana kepada Uskup Mgr.Yoseph Suwatan.MSC, dan diakhiri dengan foto bersama seluruh pastor dan suster paroki Luwuk yang hadir pada saat itu.

 

yahya lahamu
the authoryahya lahamu