Pertanahan Touna Serahkan Sertifikat Wakaf Ponpes dan Masjid

Pertanahan Touna Serahkan Sertifikat Wakaf Ponpes dan Masjid

Touna, Satusulteng.com – Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menyerahkan 34 sertifikat wakaf kepada Pondok Pesantren Roudatul Mustafa Lilkhairaat dan beberapa masjid yang ada di Kecamatan Tojo Kabupaten Touna, belum lama ini.

Penyerahan sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-una Budiono APtnh, MH didampingi oleh Kepala Seksi Infrastruktur Pertanahan, Asep Dedy Warsita,ST, dan Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan, Arkham Safa,SSiT yang diterima oleh Kepala Pondok Pesantren Roudatul Mustafa Lilkhairaat, HS. Ahmad Taha Al-Habsyi bertempat di Kantor Pertanahan Kabupaten Touna

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-una Budiono saat dikonfirmasi mengatakan dalam pengurusan sertifikat kami selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah wakaf yang ada diwilayah Kabupaten Touna

Mensertipikatan tanah wakaf sangatlah penting , supaya jelas statusnya dan dapat menghindarkan permasalahan-permasalahan yang dapat timbul karena ketidakjelasan status tanah yang diwakafkan . Semisal tanah masjid , madrasah , pondok pesantren yang dulunya sudah diwakafkan oleh nenek atau orang tuanya karena ketidak jelasan statusnya diminta kembali oleh ahli waris bahkan digugat kembali oleh ahli warisnya, kita tidak ingin hal ini terjadi oleh karena itu orang yang mewakafkan ( Wakif ) dan para pengurus ( Nadzir ) diharapkan segera mengurus dokumen yang diperlukan untuk percepatan persertifikatan tanah wakaf.

“Karena semua ini tidak akan berjalan dengan baik dan lancar kalau kami dalam hal ini Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-una berjalan sendiri tanpa ada dukungan dari masyarakat selaku pemilik tanah, maka kedepannya persoalan ini harus diselesaikan dengan benar, “kata Budiono.

Menurutnya, dengan adanya sertifikat Wakaf atas suatu tanah bisa berdampak semakin mudah mendapat akses bantuan dari pemerintah bahkan tidak sulit lagi mendapatkan bantuan untuk pembangunan .

Menurut Habib HS. Ahmad Taha Al-Habsyi Selama ini keberadaan sertifikat Wakaf menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah sebagaimana yang lagi diurus yaitu Ponpes Roudatul Mustafa Lilkhairat yang mana penggunaannya diperuntukkan untuk sarana peribadahan masjid, musholla serta kegiatan Pondok Pesantren.

” Penerbitan sertifikat tanah wakaf ini akan terus dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-Una secara berkelanjutan , sehingga tertib Administrasi , tertib penggunaan untuk ranah-tanah wakaf di Kabupaten Tojo Una-Una dapat terlaksana dengan baik .

Budiono katakan, seperti proses sertifikasi wakaf untuk masjid menjadi penting agar ada kepastian terkait status hukum tanah masjid dengan demikian akan ada kepastian bahwa atas tanah masjid tersebut bukan milik perorangan ataupun tokoh tertentu sehingga tanah wakaf yang dipergunakan untuk masjid tidak bisa dijual atau dipindah tangankan kepemilikannya.

Untuk tanah-tanah wakaf yang penggunaannya baik untuk masjid, pondok pesantren dan sebagainya yang belum bersertifikat kita selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

“Jika misalnya, bisa kita bayangkan bila tempat-tempat ibadah tidak kita bebaskan dari hiruk pikuk dunia maka negeri ini mau seperti apa. Pasti akan seting kita dengar tempat ibadah atau Pondok Pesantren digusur karena tidak punya surat-surat atau tidak jelas statusnya ” ujarnya.

Dikonfirmasi berpisah melalui handphone, Kepala Pondok Pesantren Roudatul Mustafa Lilkhairaat Kayunyole Kecamatan Tojo Kabupaten Touna, HS. Ahmad Taha Al-Habsyi mengaku sangat bersyukur sertifikat wakaf Ponpes sudah diterima dan pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Touna sangat cepat dan sangat baik

Mulai dari mengurus dan memasukkan berkas permohonan sampai terbit sertifikat ini hanya beberapa hari saja bahkan biayanya gratis, kemudian juga sertifikat pondok pesantren merupakan hal penting karena sertifikat akan memberikan keamanan bagi kelangsungan keberadaan pondok pesantren.

“Bahkan dalam penyerahan sertifikat ini saya sempat meneteskan air mata, karena rasa syukur dan berterima kasih kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Touna yang telah membantu pesantren Roudatul Mustafa Lilkhairaat dengan memberikan sertifikat gratis,” ucap HS. Ahmad Taha Al-Habsyi.(Anto).

163 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Facebook Comments
WhatsApp chat