DaerahPolitik PemerintahanRagam

Pelatihan Tehnik Kepramukaan Berbasis Karakter di Buka

Touna, Satusulteng. com – Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Tojo Una-una (Touna), Ir. Munawar Mapu, M.Si mewakili Bupati Touna, Mohamad Lahay, SE membuka Pelatihan Tehnik Kepramukaan Berbasis Karakter, Jumat (27/1/2017) kemarin.

Kegiatan tersebut digelar oleh Kwartir Ranting Kecamatan Tojo, dilapangan sepak bola Desa Uekuli Kecamatan Tojo. Turut hadir dalam pembukaaan Camat Tojo Selaku Ketua Madoran, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Ketua dan Pengurus Kwartir Ranting Tojo, Ketua-Ketua Mabigus, Kepala UPTD Kecamatan Tojo, Peserta Pelatihan Tehnik Kepramukaan yang terdiri Para Guru-guru Selaku Kakak-Kakak Pembina Pramuka Se-Kecamatan Tojo.

“Gerakan pramuka bukan hanya soal pembinaan karakter tapi juga kebangsaan dan kecakapan, yang tidak hanya diwujudkan dalam perkataan tapi totalitas luar dan dalam membentuk 3 hal yaitu karakter, kecakapan dan kebangsaan generasi muda Hal ini menunjukan bahwa pendidikan kepramukaan urgensinya sangat tinggi yaitu sebagai perwujudan dari usaha bela Negara,” kata Munawar Mapu saat membacakan sambutan tertulis Bupati Touna pada pembukaan pelatihan tersebut.

Dikatakannya, selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Touna menyatakan bahwa peran kakak-kakak pembina sangatlah penting, karena untuk melaksanakan tugas pokok gerakan pramuka diperlukan anggota-anggota dewasa yang mampu untuk melaksanakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda.

“Olehnya demi menyiapkan anggota dewasa tersebut diperlukan pendidikan dan pelatihan yang tertata dalam suatu sistem yang dapat memandu seluruh peran anggota dewasa sebagai langkah kadernisasi kepemimpinan gerakan pramuka sesuai yang diamanatkan dalam UU nomor 12 tahun 2010 tentang gerak pramuka,” ujarnya.

Dia berharap, kepada para peserta pelatihan tehnik kepramukaan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, penuh kesungguhan dan tanggung jawab, sehingga nantinya apa yang diperoleh dalam pelatihan kali ini dapat diteruskan pada adik-adik pramuka sesuai visi dan misi gerakan pramuka.

“Melalui kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat lebih mempererat tali silaturahmi antar pembina pramuka se-kwartir ranting Tojo,” harapnya.

yahya lahamu
the authoryahya lahamu