Politik Pemerintahan

Pasha,Inginkan Penambahan Anggaran Pada Festival Raudah Tahun Depan

Palu, Satusulteng.com-Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said saat menghadiri kegiatan Festival Raudah mengatakan akan mempush atau menambah anggaran kegiatan Festival Raudah Sis Aljufri pada tahun anggaran 2017 mendatang melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palu.

Namun besaran jumlah anggaran tersebut belum di ketahui secara pasti. Disebabkan, hal itu harus perlu di bahas secara internal di pihak eksekutif dan legislatif.

“Pemerintah Kota Palu sudah berkomitmen, paling tidak tahun depan kita sudah masukan dalam anggaran kegiatan Festival Raudah Sis Aljufri,” kata wakil Walikota Palu sigit Purnomo Said alias Pasha, saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Featival Raudah Sis Aljufri ke-4 di halaman PB Alkhairat pusat Palu, Rabu (13/7) malam kemarin.

Pasha mengemukakan, dengan di selenggarakannya kegiatan tersebut menjadi hal yang penting dan pautut di dukung oleh Pemkot Palu. Sebab, Festival Raudah sebagai ajang pencarian bakat peserta lomba khususnya para siswa siswi yang lebih menonjolkan nuansa Islamiah di internal Alkhairaat agar mampu berkanca di event event yang lebih lanjut.

Ia juga menambahkan, penyelenggaraan kegiatan ini juga sebagai wujud upaya menumbuh kembangkan semangat pendiri Alkhairaat Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri, yang akrab dengan panggilan Guru Tua di tengah era modern saat ini.

Olehnya, memalui kegiatan yang bernuansa Islamiah itu, Pemkot Palu terus mendukung baik secara moral maupun finansial.

Selain itu Pasha juga menginginkan, kegiatan tersebut tetap terus di lanjutkan demi meningkatkan pendidikan agama khususnya di lungkup Alkhairaat.

“Kegiatan ini tidak bisa putus, harus berkelanjutan. Hal ini di lakukan tidak lain ialah untuk pengembangan wawasan pendidikan khususnya pendidikan islam di Alkhairaat,” terangnya.

Selain itu Pasha Juga mengaku di erak pemimpinannya bersama Walikota Palu Drs.Hidayat, M.Si merupakan kali pertama turut serta di kegiatan Festival Raudah.

“Ini pengalaman pertama kami bersama Walikota Palu Hidayat mengikuti Festival Raudah dan ini sudah memasuki tahun ke-4,” akui Pasha.

Sementara, Sekjen Pengurus Besar Alkhairaat Palusat Palu, Lukman Taher mengemukakan, di kegiatan tersebut ada kurang lebih 13 agenda kegiatan. Diantaranya di bidang seni yakni MTQ tingkan Sekolah Dasar, Madrasa Sanawiah, SMA dan Aliah, lalu kemudian lomba menghafal Al-Quran, lomba kaligrafi Al-Quran, lomba pidato dalam tiga bahasa.  Sementara bidang olahraga lari estafet rukun Islam yang terutama di peruntukan kepada anak-nanak TK.

Selain itu, dalam rangkaian Festival Raudah ini juga kali pertama melibatkan beberapa daerah di sekitar Kota Palu, dalam mengikuti lomba tersebut, di antaranya Kabupaten Sigi dan Donggala.

“Insya Allah Festival Raudah mendatang kita libatkan 15 Provinsi turut terlibat di kegiatan ini. Sekaran tahun pertama kita lebatkan dulu daerah di sekitar yang wilayahnya berdekatan dengan Kota palu,” papar lukman.

Di samping itu lanjut dia, tahun ini juga kali pertama PB Alkhairaat mengadakan Pekan Silaturrahim Nasional Alkhairat dari dari Barat hingga timur Indonesia. (Eky/Rid)

satusulteng
the authorsatusulteng