Uncategorized

KKSS dan IWSS Gelar Acara Nuzulul Quran di Masjid Nurul Istiqomah Besusu Tengah

Palu, Satusulteng.com – BPW Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Propinsi Sulawesi Tengah menggelar peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan di Masjid Nurul Istiqomah Besusu Tengah dan dihadiri warga masyarakat Sulawesi Selatan dari berbagai pilar KKSS. Senin, 21 Juni 2016

Turut hadir Ketua IWSS, Prof. Hj. Marhawati Mappatoba dan Rusman Ramli, ST selaku Ketua Pilar Sinjai yang juga anggota DPRD Kota Palu. Tema peringatan Nuzulul Quran yaitu melalui Nuzulul Qur’an kita aktualisasikan nilai-nilai Al Qur’an dalam segala sendi kehidupan.

Kegiatan yang diawali dengan sholat Isya dan sholat Tarwih serta sholat Witir. Yang menjadi imam sholat Tarwih yaitu Syamsuddin Pajar (Pilar Sinjai), sedangkan pembaca ayat suci Al Qur’an, Syaamil Abdurrahman, murid kelas 2 SD Islam Terpadu (SDIT) Bina Insan Palu.

Dalam kesempatan itu, Syaamil tampil dengan membaca Al Qur’an surah Al Haqqah 52 ayat dengan cara tasmi. Yakni membaca Al Qur’an dari hafalan yang ada, jamaah tampak terpukau dengan kemampuan anak kecil ini. Selanjutnya ceramah agama disampaikan oleh Andi Mohammad Farid Dzulhaj, santri kelas 9 Pesantren Istiqomah Ngatabaru.

Dalam tausiyahnya menyebutkan bahwa Alquran yang diturunkan Allah SWT menjadi sumber hukum yang paling aktual dijadikan pedoman hidup dan kehidupan, juga menjadi dasar peraturan dan per undang-undangan yang dibuat manusia.

“Al-Qur’an merupakan firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupan demi mencapai kebahagiaan lahir dan batin, baik di dunia maupun di akhirat. Konsep-konsep yang dibawa al-Quran selalu relevan dengan problema yang dihadapi manusia, karena itu ia turun untuk mengajak manusia berdialog dengan penafsiran sekaligus memberikan solusi terhadap problema tersebut di manapun mereka berada.” ungkap Farid yang pernah meraih juara lomba pidato 3 bahasa, merupakan cucu dari Nurdin Rahman, SH (mantan Rektor Unismuh Palu).

Sementara itu, dr. Husaema, MM., M.Kes mewakili Ketua KKSS berterima kasih atas kerjasama dalam peringatan Nuzulul Quran di Masjid Nurul Istiqomah dapat dihadiri oleh kaum muslimin dan muslimat serta pilar KKSS.

“Semoga kegiatan ini menjadi ibadah yang berkah, seluruh doa dapat diijabah, dan tentunya kami berharap seluruh pilar KKSS dapat bersinergi dalam bingkai Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge, Sipatokkong sehingga KKSS dapat menggalang potensi untuk memberi kontribusi pada pembangunan daerah di Sulawesi Tengah,” harapnya.(RR)

satusulteng
the authorsatusulteng