Hukum Kriminalitas

Himbauan Kamtibmas Humas Polres Palu

Palu, Satusulteng.com – Dalam rangka menciptakan situasi kota Palu yang aman dan tertib, Humas Polres Palu memberikan himbauan-himbauan kamtibmas kepada masyarakat kota Palu, seperti yang telah dilakukan oleh anggota Humas Polres Palu dengan membagikan brosur kamtibmas kepada mayarakat kota Palu  pada tanggal 03 Agustus 2016 di beberapa tempat keramaian seperti di Pasar Masomba, di jalan samratulangi tepatnya pada traffic light.  Dimana brosur-brosur tersebut berisikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat. Pesan-pesan kamtibmas tersebut yakni :

– Gunakan perhiasan pada saat dan waktu yang sesuai.
– Simpan dalam bagasi / jok sepeda motor barang berharga bawaan anda.
– Jangan lupa ambil kembali barang berharga tersebut bila akan memarkir sepeda motor.
– Hindari jalanan sepi apalagi berkendara saat malam hari.
– Usahakan tidak sendirian saat mengendarai serlalu lintas juga sepeda motor pada saat malam hari  / larut malam.
– Selalu waspada dalam berkendara baik untuk keselamatan berlalu lintas juga waspada terhadap kejahatan jalanan.
– Bagi pengendara mobil agar tidak meninggalkan barang seperti laptop, uang dan benda berharga lainnya di dalam mobil.
– Apabila meninggalkan rumah, pastikan sambungan listrik telah padam , cabut semua cok kabel yang tidak terpakai yang terhubung dengan listrik untuk mengantisipasi adanya hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran, kemudian  pastikan semua pintu ataupun jendela rumah dalam keadaan tertutup dan terkunci dengan baik , serta kunci gembok pagar rumah jika ada.
– Parkir kendaraan pada tempat yang mudah diawasi / ada tukang parkirnya , dan pastikan kendaraan sudah terkunci sebelum meninggalkan kendaraan , seperti pada kendaraan roda dua ( sepeda motor ) lebih amannya pasang kunci ganda dan cabut kuncisaat akan meninggalkan kendaraan.
– Jangan mudah untuk membuka pintu rumah jika menerima tamu yang tidak dikenal karena adanya modus penipuan dan pencurian.
– Bila menjadi korban kejahatan sedapat mungkin mengingat ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang digunakan serta segera laporkan kepada kepolisian terdekat atau ke Kepolisian Resor Palu.

Kejahatan biasa terjadi karena adanya niat dan kesempatan bagi pelaku. Yang rentan menjadi sasaran pelaku kejahatan adalah :

– Wanita yang menggunakan benda berharga dan mengundang perhatian lebih.
– Tas/barang yang digantung di setit sepeda motor atau cantolan tengah pada sepeda motor dan melintas sendirian di jalanan sepi.

Jangan biarkan senyum hilang karena menjadi korban kejahatan, selalu tingkatkan kewaspadaan baik saat diluar ataupun di dalam rumah.

Himbauan / pesan-pesan Kamtibmas tersebut diberikan sebagai upaya pre-emtif dari Kepolisian Resor Palu untuk mengajak masyarakat bersama-sama dalam meminimalisir kesempatan bagi para pelaku kejahatan dalam melaksanakan aksinya dengan harapan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah kota Palu tetap kondusif.

satusulteng
the authorsatusulteng