Hari Pertama Operasi Zebra Tinombala, Satlantas Polres Touna Tilang 47 Pelanggar

Touna, Satusulteng.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tojo Una-Una (Touna) menggelar Operasi Zebra secara serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dimulai pada hari Rabu(23/10/2019) dan berhasil menilang puluhan pengendara yang melanggar.

“Penindakan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Touna pada hari pertama Operasi Zebra Tinombala 2019 sebanyak 47 yang ditilang,” kata Kapolres Touna, AKBP Boyke Karel Wattimena, SIK, MH melalui Kasat Lantas Iptu Suprojo kepada media ini, Rabu (23/10/2019) sore.

Suprojo mengungkapkan, puluhan pengendara terjaring razia operasi Zebra Tinombala 2019 yakni 40 roda dua dan 7 roda empat yang dilaksanakan di lokasi operasi.

“Jadi sekitar pukul 10.30 wita kami melaksanakan Operasi di Jalan Sungai Bongka, Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Touna dan berhasil menilang 25 pengendara. Kemudian pada pukul 15.00 Wita kami lanjutkan di depan kantor Satlantas Polres Touna dan berhasil menilang 22 pengendara,” ungkap Suprojo.

Lanjut kata mantan Kapolsek Bohodpi Polres Morowali itu, bahwa dalam operasi itu ada delapan sasaran prioritas yakni pengendara kenderaan bermotor roda dua yang tidak menggunakan helm SNI saat berkendara. Pengendara yang melawan arus karena membahayakan dan pengendara yang mengunakan handphone atau alat komunikasi pada saat berkendara.

Pengendara dalam keadaan mabuk, pengendara di bawah umur atau yang belum memiliki SIM, tidak menggunakan sabuk pengaman untuk kendaraan roda empat atau roda enam.

“Dilarang melebihi batas kecepatan, karena kita tahu sebagian masyarakat Kota Palu mengendarai kendaraannya kebut-kebutan, pengendara ini kita tindak karena tidak tertib dan kendaraan pribadi dilarang menggunakan rotator atau lampu strubo yang bukan pada peruntukannya karena pengunaan rotator tersebut sudah diatur dalam undang-undang.

Suprojo menambahkan, dalam pelaksanaan Operasai Zebra itu, jajaran Kepolisian Polres Touna melibatkan pihak terkait dalam pelaksanaannya seperti Dinas Perhubungan dan TNI, sebagai bentuk kolaborasi antarSatker.

“Kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Touna agar tertib berlalu lintas serta melengkapi surat-surat kendaraannya saat turun ke jalan,” pungkasnya.(**).

99 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments
WhatsApp chat