Dinkes Himbau Warga Budayakan Makan Sayur dan Buah

Palu, Satusulteng.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Royke Abraham mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan guna menjaga kesehatan agar tetap bugar.

Apalagi, kata dia, Kamis, jika umur sudah diatas 40-an akan sangat bagus perbanyak makan sayur dan buah.

Sementara nasi dan daging sudah harus dikurangi, sebab daya tahan tubuh dan fisik terus menurun. Selain itu, juga sangat rentang terhadap berbagai jenis penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, kolestrol, diabetes dan stroke.

Terbukti, kata dia, penyakit paling banyak menyerang masyarakat di Kota Palu adalah jantung,stroke,diabetes dan tekanan darah tinggi. Selain perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, juga perlu melalukan olahraga ringan. Paling bagus adalah olahraga senam agar peredaran darah berjalan lancar.

Pemkot Palu, kata Royke, kini gencar mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).Pemerintah Kota Palu berkomitmen untuk terus menggerakan hidup sehat di kalangan masyarakat.

Pemkot Palu mendukung Germas yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu itu.

Guna mewujudkan program dimaksud, masyarakat harus disadarkan dengan perilaku hidup sehat. Caranya, melalui peningkatan aktivitas fisik, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, serta peningkatakan kualitas lingkungan.

“Kesehatan yang kita inginkan adalah kesehatan jasmani, rohani dan akal pikiran,” kata dia.

Sementara Kepala Kelurahan Tatura Selatan Zamrud menyatakan mendukung sepenuhnya program Germas.

Program tersebut, kata dia telah disosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama antara Dinas Kesehatan dengan tim penggerak PKK serta RT/RW kelurahan itu. Dan cukup mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Kegiatan antara lain olahraga senam, pemeriksaan kesehatan gratis, bersih-bersih sampah yang dilanjutkan dengan makan buah bersama masyarakat.

302 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments