DaerahPolitik Pemerintahan

Akhirnya Kepala Desa Pengganti Antar Waktu Desa Tobamawu Dilantik

Touna, Satusulteng.com – Setelah melalui Musyawarah Desa Khusus Desa Tobamawu Kecamatan Ulubongka, Lan Ndeo akhirnya dilantik menjadi Kepala Desa Antar Waktu Desa Tobamawu sisa masa jabatan 2016 – 2019 menggantikan Kepala Desa sebelumnya yang telah meninggal dunia. Bertempat di Balai Desa Tobamawu, pelantikan dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Tojo Una-una, Admin AS.Lasimpala, S.IP, Rabu (24/08/2016).

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tojo Una-una, Drs.Syaiful Bahri Laborahima, unsur Forkopimda Kabupaten Tojo Una-una, Kepala BPMPD, Camat Ulubongka, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan seluruh masyarakat Desa Tobamawu Kecamatan Ulubongka.

Wakil Bupati Tojo Una-una, Admin AS.Lasimpala, S.IP, menyampaikan, pelantikan Kepala Desa Tobamawu merupakan hasil pelaksanaan pemilihan Kepala Desa antar waktu yang pertama kali dilaksanakan di wilayah Kabupaten Tojo Una-una secara demokrasi dan merupakan implementasi dari amant Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Perda kabupaten Tojo Una-una nomor 7 tahun 2015 tentang pemilihan dan pemberhentian Kepala Desa.

”Atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan selamat menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat dan daerah ini kepada kepala desa bersama bunda paud desa tobamawu kec.ulubongka yang baru dilantik pada hari ini,” kata Wabup mengawali sambutannya pada acara pelantikan tersebut.

Dia mengatakan, amanah dan kepercayaan masyarakat yang ada di pundak saudara hendaknya di emban dan dilaksanakan dengan penuh ketulusan, keihlasan hati dan tanggung jawab untuk menata serta memajukan desa sesuai dengan janji dan sumpah yang telah saudara ucapkan.

Wakil bupati juga berpesan kepada Kepala Desa yang baru agar dapat merangkul semua masyarakat dalam menjalankan pemerintahan didesa dan mampu tampil sebagai teladan bagi masyarakat.

“Perlu disadari bahwa dimasyarakat desa sering terjadi perbedaan pendapat terhadap berbagai program dan kegiatan, maka rangkul dan jadikanlah masyarakat patner kerja, sumber kekauatan dan sumber inspirasi dalam mencapai tujuan pembangunan diperdesaan.

Selain itu, ungkap Wabup, jabatan Kepala Desa tidak bisa lepas dari kehidupan pribadi dan keluarga, dimana sebagai pemimpin di desa mupun secara pribadi , saudara senantiasa di tuntut untuk menjadi figur teladan bagi seluruh perangkat desa dan masyarakat baik dari tutur kata, sikap maupun tindakan dalam menyelenggarakan funfsi-fungsi administrasi pemerintahan di tingkat desa.

“Karena peran dan tanggungjawab Kepala Desa kedepan akan semakin berat seiring dengan meningkatnya pengelolaan keuangan desa dan tantangan di era keterbukaan informasi dan demokratisasi saat ini,” ujarnya.

Olehnya, kata dia, dengan paradigma leadership di era modernisasi yakni pemimpin harus dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, maka mulai saat ini saudara dituntut pula harus mampu mengemban dan mensukseskan segala program-program pemerintah secara umum dan melaporkan serta mempertanggung jawabkan hasil pelaksanaan tugas pemerintahan desa secara berjenjang mulai dari laporan ke tingkat kecamatan dan ke kabupaten.

“Selaku pejabat Kepala Desa juga harus lebih peka terhadap segala persoalan-persoalan sosial yang sering terjadi di masyarakat yang ada di wilayahnya, dan sebagai perwakilan dari pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, maka saudaralah yang paling pertama mengetahui kondisi masyarakat, yang mampu menfasilitasi dan memediasi terhadap penanganan- penanganan masalah yang dialami masyarakat,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, Kepala Desa harus terus lakukan koordinasi intensif secara berjenjang baik vertikal maupun horizontal bahkan jika dianggap urgent dapat langsung menyampaikan langsung kepada kami baik bupati maupun kepada saya agar dapat segera di tindak lanjuti dan di antisipasi sehingga ketentraman dan ketertiban masyarakat dapat terwujud.
Kepada ketua TP-PKK desa serta Bunda Paud desa Tobamawu yang juga dilantik pada hari ini saya ucapkan selamat bertugas mendampingi suami dan kiranya amanah yang di emban dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan,” pesannya.

 

yahya lahamu
the authoryahya lahamu