Shalat Id Dipusatkan Lapangan Vatulemo

Shalat Id Dipusatkan Lapangan Vatulemo
Rate this post

Palu, Satusulteng.com – Pemerintah Kota Palu bersama lembaga keagamaan, pemuda, adat dan masyarakat menyepakati pelaksanaan shalat Idul Fitri 1439 Hijriah akan dipusatkan di Lapangan Vatulemo Palu.

Namun pelaksanaan shalat Id di sana akan dipindah jika terjadi hal-hal yang tak terduga.

Lapangan Gelanggang Olahraga (GOR) Siranindi menjadi lokasi pemindahan salat id dari Lapangan Vatulemo jika tidak memungkinkan dilaksanakan salat id di Vatulemo.

“Jadi kita sepakat. Jika tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hujan deras seperti pelaksanaan shalat Id tahun kemarin, jamaah semua dipindah di lapangan GOR Siranindi,” kata Sekretaris Kota Palu Asri saat memimpin rapat koordinasi jelang lebaran bersama perangkat agama, pemuda, adat dan masyarakat di ruang Bantaya Kantor Pemerintah Kota Palu, Senin sore.

Dalam rapat yang dihadiri Wali Kota Palu itu disampaikan pemilihan GOR Siranindi sebagai lokasi alternatif karena berbagai pertimbangan.

Diantaranya jarak antara Lapangan Vatulemo dengan GOR Siranindi yang tidak begitu jauh, luas lapangan di dalam gedung yang mampu menampung seribuan jamaah dan terhindar dari guyuran hujan.

Meski dipusatkan di Lapangan Vatulemo, Wali Kota Palu Hidayat menyarankan kepada masyarakat yang berdomisili jauh dari Lapangan Vatulemo agar tidak perlu salat di sana.

Cukup kata Hidayat shalat Id di halaman atau pelataran masjid yang dekat dengan tempat tinggal.

“Tiap-tiap kelurahan juga sudah menyiapkan lokasi shalat id di sana. Jadi kalau mau salat id saran saya di dekat rumahnya bapak ibu saja. Kalau jarak rumahnya bapak ibu dengan Lapangan Vatulemo jauh, shalat id di halaman masjid di dekat rumahnya bapak ibu situ saja,” ujar Hidayat.***

282 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments