Buka HKN ke-54, Wabup Touna Ajak Semua Komponen Lingkup Pemkab Touna Sukseskan Germas

Buka HKN ke-54, Wabup Touna Ajak Semua Komponen Lingkup Pemkab Touna Sukseskan Germas
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Wakil Bupati (Wabup) Tojo Una-Una (Touna), Admin AS. Lasimpala, SIP membuka kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 yang dirangkaikan dengan pencanangan pemberian obat pencegahan massal filariasis tahun ke IV pada bulan eliminasi kaki gaja tanggal 1 Oktober 2018 dan launching public safety centre 119 sivia patuju, Jumat (9/11/2018) di Anjungan Taman Jembatan Hayal Ampana, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Touna.

Dalam sambutannya Wabup Admin menyampaikan, bahwa Hari Kesehatan Nasional di peringati setiap tanggal 12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Tema HKN pada tahun 2018 adalah “Aku Cinta Sehat”, dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

“Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen Bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” ujar Admin.

Admin mengimbau kepada masyarakat agar membiasakan diri mengkonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

“Saat ini Indonesia, khususnya Kabupaten Touna, tengah mengalami perubahan pola penyakit yakni meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lainnya. Yang kemungkinan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku yang tidak sehat (Pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurangnya aktifitas fisik, merokok dan lain-lainnya),” jelas Admin.

Oleh karena itu, harap Admin, melalui peringatan HKN ke-54 kali ini, mari kita semarakan dengan kampanye germas sebagai tindak lanjut dari intruksi Presiden No 1 tahun 2017 yang perlu digaungkan dan dilaksanakan oleh semua komponen di Lingkup Pemkab Touna, untuk mengambil peranya masing-masing dalam mensuksekan germas.

“Dengan kegiatan kampanye germas ini, diharapkan dapat mendorong terjadinya perubahan perilaku di masyarakat Kabupaten Touna, khususnya yang berhubungan dengan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, mencegah penularan TB paru dengan menemukan dan mengobati sampai tuntas dan mencegah balita pendek (Stunting) dengan cara meningkatkan gizi ibu hamil, meningkatkan gizi balita dengan rutin ke posyandu. Demi terwujudnya masyarakat sehat yang berdaya saing menuju Touna hebat,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Touna, Jafar M. Amin, Sekertaris Daerah Kabupaten Touna, Taslim DM. Lasupu, SP, MT, Kapolres Touna yang diwakili oleh Kapolsek Ampana Kota, IPTU Muh. Natsir, SH, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Touna, Dra. Jafanet Alvary, MAP, Para Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Touna, Pimpinan Istansi Vertikal, pimpinan BUMN/BUMD, dokter dan bidan, guru-guru serta pelajar tingkat SLTA, SLTP dan SD kecamatan Ampana Kota dan Ratolindo.(yaya).

83 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments