Politik Pemerintahan

Komisi B Klarifikasi Sewa Rumah Wakil Walikota Palu

Palu,Satusulteng.com – Anggota Komisi B DPRD Kota Palu pada siang tadi, melakukan konferensi pers terkait persoalan sewa rumah Wakil Walikota Palu yang mencapai 1 Miliar, sebagaimana sebelumnya dikatakan oleh salah satu anggota komisi B yakni Ridwan H Basatu (Fraksi Hanura) yang masih menjadi berita hangat dikalangan warga kota palu terkait biaya sewa rumah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi B, H. Thompa Yotokodi (Fraksi Gerindra) mengatakan, bahwa anggaran belanja APBD ditahun 2016 terkait sewa rumah jelas tidak ada.

“Didalam APBD tahun 2016 tidak ada anggaran sewa kontrak rumah, tidak ada dianggarkan,” Jelasnya kepada wartawan pada Jum’at 13 Januari 2016.

Thompa juga menerangkan, bahwa sewa rumah kontrakkan tidak dibiayai oleh pemerintah kota (pemkot), namun perabotan rumah tangga untuk di rumah jabatan oleh pemerintah kota sudah disiapkan untuk pejabat daerah yang baru, jelasnya.

“Pemerintah kota hanya menyiapkan perabotan rumah tangganya, ketika waktu itu Wakil Walikota Palu berada dirumah Citraland. Setelah rumah jabatan selesai perabotan-perabotan yang berada dirumah Citraland dipindahkan lagi kerumah jabatan yang sekarang ditempati Wakil Walikota Palu” Urainya menurut informasi Setda Umum Kota Palu.

“Terkait sebab – sebab yang lain itu tidak ada,” Tambahnya lagi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi B Ratna Mayasari Agan. Ratna juga menegaskan bahwa pada saat pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) bersama Pemkot Palu tak ada pembahasan sewa rumah kontrakkan yang senilai 1 Miliar tersebut.

“Yang ada adalah pengadaan perabotan rumah tangga senilai  39.400.2500 rupiah dan itu sudah termasuk ppn dan pph pada saat di perumahan Citraland. Sedangkan pada saat Wakil Walikota pindah kerumah jabatan  hanya ada pengadaan mobiler senilai 189.853.000 rupiah” ujar Ratna dari Fraksi PAN.

Ia juga mengatakan bahwa perabotan rumah tangga yang dibeli adalah berupa kursi, lemari, televisi dan lain – lainnya.

Namun saat jumpa pers tersebut, sangat disayangkan Anggota DPRD Ridwan Basatu (Fraksi Hanura) yang juga anggota Komisi B tersebut, tidak terlihat sama sekali. (Eky)

Keterangan Foto : Ketua Komisi B H. Thompa Yotokodi (tengah) bersama Wakil Ketua Komisi B dan Anggota saat Konferensi Pers di Ruang Komisi B. Jum’at 13 Januari 2017  Foto : (Eky)

satusulteng
the authorsatusulteng