Kodim 1307/Poso dan Pemda Touna Tanam 1.030 Pohon Mangrove di Tete B

Touna, Satusulteng.com – Kodim 1307/Poso bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melakukan aksi gerakan peduli mangrove menanam 1.030 pohon mangrove di Dusun III Desa Tete B, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Touna, Senin (11/3/2019).

Kegiatan aksi gerakan peduli penenaman mangrove merupakan kegiatan Nasional yang dilaksanakan secara serentak di 10 Provinsi wilayah Indonesia.

Dalam sambutannya Dandim 1307/Poso Letnan Kolonel Inf Catur Sutoyo, SE menyampaikan, bahwa Indonesia merupakan Negara Kepulauan dengan Garis Pantai yang panjang dan memiliki kawasan Hutan yang luas. Kawasan Hutan tersebut berperan sebagai penyangga kehidupan yang mampu menyediakan kebutuhan akan Kayu maupun bukan Kayu, termasuk Pangan dan Energi Terbarukan.

“Oleh karena itu kita harus menjaga atau meningkatkan kemampuan Hutan dengan cara mencegah Penebangan Hutan atau mengubah peruntukan Hutan menjadi non Hutan,” pesan Dandim Letnan Kolonel Inf Catur Sutoyo.

Menurutnya, upaya yang selama ini dilakukan adalah dengan melakukan Rehabilitas Hutan dan Lahan, pemberantasan Illegal Logging, Penghijauan Hutan dan Penanaman Pohon Mangrove di Pesisir Pantai.

“Hal yang tidak kalah penting adalah memberikan kesadaran masyarakat untuk menjadikan gerakan penanaman pohon tersebut menjadi suatu budaya yang positif bagi kelestarian alam Indonesia,” ujar Dandim.

Dandim mengatakan, kegiatan hari ini merupakan salah satu upaya dari TNI dalam hal ini Kodim 1307/Poso untuk menjaga masyarakat untuk bersama-sama mencintai alam kita khususnya Mangrove di wilayah Kabupaten Touna agar kelestarian Mangrove tetap terjaga bagi generasi yang akan datang.

“Indonesia memiliki Mangrove terluas di Asia bahkan di Dunia. Hutan Mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik, ekologi dan ekonomi. Dari sisi fisik Mangrove berakar banyak dan batangnya kokoh mampu mencegah bahaya Tsunami, Ombak dan Abrasi Air Laut, dari sisi Ekologi Mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur/limbah dan menyerap polutan/asap dari udara,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, Mangrove juga sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya, dari sisi Ekonomi Mangrove menghasilkan Kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan Buah/Biji untuk dibuat berbagai panganan atau minuman dan keberadaan Hutan Mangrove berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam.

“Olehnya, pada acara Penanaman Mangrove secara serentak di 10 Provinsi ini, saya selaku Komandan Kodim 1307/Poso mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemda Kab. Touna, BPBD, Polres Ampana, masyarakat Ampana Tete, Pelajar dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Kami mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menyadarkan kita untuk menjaga kelestarian Hutan khususnya Mangrove,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Touna dalam sambutannya mengakui baru mengetahui bahwa selama ini Magrove sangat berguna bagi kita. Oleh karena itu dihimbau kepada masyarakat agar menjaga Mangrove yang kita tanam pada hari ini.

“Saya juga merasa bangga kepada Dandim 1307/Poso yang telah menghadirkan para Pelajar untuk ikut serta menjaga dan melestarikan keindahan Pantai. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Touna kami sangat berterima kasih kepada Dandim 1307/Poso yang telah melaksanakan kegiatan pelestarian Hutan Mangrove di Pesisir Pantai dan kami akan selalu menjaga Hutan Mangrove yang kita tanam hari ini,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan itu Dandim 1307/Poso Letnan Kolonel Inf Catur Sutoyo, SE, Wakil Bupati Touna Admin Lasimpala, SIP, Kasdim 1307/Poso Mayor Inf Iqbal Makmur, Pabung Kodim 1307/Poso wilayah Touna Mayor Inf David M. Lunta, KBO Sabhara Polres Touna Aipda Yofan S, Sidora mewakili Kapolres Touna, Aiptu Fao Bu’ulolo Mewakili Danki Detasemen Brimob Ulubongka, Kadis Lingkungan Hidup Touna Agfar Patanga, Kadis BPBD Touna Drs. Kusmunandar, Perwakilan Kehutanan Kepala Resor Wilayah Ampana Tete, para Danramil jajaran Kodim 1307/Poso wilayah Touna, Dankipan-D Yonif 714/SM Kapten Inf J. Maggalik, Camat Ampana Tete Iksan, Kades Tete B, Babinsa jajaran Kodim 1307/Poso wilayah Touna, Anggota Kipan-D Yonif 714/SM, Anggota Brimob Touna, Staf BPBD Kab. Touna, Anggota Pramuka, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Touna serta tamu undangan 150 orang.**

311 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments