Wujudkan Swasembada Cabai, Bupati Touna Tanam 20 Ribu Cabai di Desa Bongkakoy

Wujudkan Swasembada Cabai, Bupati Touna Tanam 20 Ribu Cabai di Desa Bongkakoy
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Dalam rangka mewujudkan swasembada cabai di Kabupaten Tojo Una-una, Bupati Mohammad Lahay, SE, MM melaksanakan gerakan penanaman 20 ribu pohon cabai di Desa Bongkakoy, Kecamatan Ulubongka, Sabtu (15/9/2018) pekan kemarin.

Gerakan menanam 20 ribu pohon cabe di Desa Bongkakoy merupakan program Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una oleh tani wana lestari Desa Bongkakoy.

Dalam kesempatan itu Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Nakertrans, Andi Dalfia, Sekertaris Pertanian, Kabag Humas dan Protokol Mahdi. Turut hadir Perwira Penghubung Kodim 1307/Poso wilayah Tojo Una-una, Mayor Inf. David. M Lunta, Camat Ulubongka dan unsur Tripika.

Bupati Mohammad Lahay dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dan kemandirian pangan dengan menggerakkan sektor-sektor domestik sebagaimana dalam nawa cita Presiden RI termasuk kontribusi sektor pertanian salah satu program kedaulatan pangan adalah komoditas cabe.

“Komoditas cabe merupakan komoditas strategis dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta tidak dapat di subsititusi dengan komoditas lain,” kata Bupati Mohammad Lahay.

Menurutnya, produksi cabe tidak merata sepanjang tahun, dimana produksi berkurang di musim hujan yang menyebabkan harga tinggi dan produksi berlebihan.

“Sementara di musim kemarau mengakibatkan harga jatuh hal ini dikarenakan keterbatasan dalam hal berbudidaya cabe, keberagamaan tanah, pengendalian hama, penyakit dan gulma, pemupukan serta penanganan pasca panen,” ujarnya.

Bupati mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh kelompok tani wana lestari dan berharap melaksanakan program ini sebaik-baiknya dengan petunjuk teknis oleh Dinas Pertanian maupun penyuluh pertanian.

“Saya juga mengajak kepada seluruh petani dan kelompok tani untuk menerapkan teknologi menanam cabe yang baik dan benar,” pesan Bupati.

Bupati juga mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran Dinas pertanian dan ketahanan pangan serta para penyuluh siap sedia memberikan dukungan pengawalan dalam program pembangunan pertanian secara umum di Kabupaten Tojo Una-una.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan peningkatan produksi dan pendapatan para petani sekaligus memberikan kontribusi terhadap program nasional,” tukasnya.

Selesai melaksanakan penanaman cabe Bupati Mohammad Lahay juga meninjau jalan dan pipa air yang rusak ke arah Desa Watusongu dan Mire. Sekaligus memantau pelaksanaan pembangunan mesjid Desa Mire serta memberikan bantuan 2 buah Kuba dan pekerjaan lantai dasar mesjid.(yaya).

297 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Facebook Comments