Road To Reuni Akbar Purna Paskibraka Indonesia Se-Sulawesi Tengah Tahun 2016

Road To Reuni Akbar Purna Paskibraka Indonesia Se-Sulawesi Tengah Tahun 2016
Rate this post

Palu, Satusulteng.com – Baliho berukuran 5×10 meter berdiri tegak disalah satu jalan protokol di Kota Palu, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda. Baliho tersebut bertuliskan “Purna Paskibraka Indonesia Reunion se-Sulawesi Tengah. Ini sebuah langkah sosialisasi dan promosi reuni akbar Purna Paskibraka Indonesia (PPI) se-sulawesi tengah tahun 2016 yang dimandatkan saat acara halal bi halal PPI se-Sulawesi Tengah tahun 2011 yang lalu. Awalnya kegiatan reuni akbar direncanakan pada tahun 2012 namun baru bisa terlaksana tahun 2016.

Sejarah Paskibraka Sulawesi Tengah mencatat, bahwa pertama kali provinsi Sulawesi Tengah mengirimkan putera puteri terbaik sebagai Paskibraka yakni ke tingkat Nasional, tahun 1970. Anggota Paskibraka yang dikirim saat itu atas nama  Adnan Ali (Ka Adnan) dan Lilik Sudarto (Kk Lilik). Tahun berikutnya yaitu tahun 1971 pengibaran bendera duplikat pertama kali dilakukan di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dan dilanjutkan dengan pengibaran ditingkat Kabupaten.

Saat itu provinsi Sulawesi Tengah baru memiliki 4 kabupaten, sementara saat ini pengibaran bendera duplikat sudah dilakukan di 12 kabupaten dan 1 kota. Sejak tahun 1970 sampai tahun 2016 Program Paskibraka di Sulawesi Tengah Bergulir, ini pertama kali diadakannya reuni akbar bagi para Purna Paskibraka Indonesia se-Sulawesi Tengah. “Reuni diharapkan tidak hanya menjadi ajang silaturahim dan romantisme, tapi lebih dari itu Reuni menjadi ajang konsolidasi dan bertukar informasi, untuk saling membesarkan dan menguatkan baik secara Internal maupun eksternal organisasi”. kata Rachmat Syahrullah, M.Sc, sebagai ketua panitia PPI se-Sulteng Reunion yang akrab disapa ka Atho.

Reuni akbar ini akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 agustus 2016 dengan beberapa agenda kegiatan antara lain: Seminar Kebangsaan, Lomba Gerak Jalan Indah, Aksi sosial, PPI peduli dan berbagi dan Family gathering.
Seminar Kebangsaan akan berisi materi Sosialisasi 4 pilar kebangsaan, dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2016 bertempat di Aula Taipa Beach Palu, dan akan di isi oleh pembicara Nasional dan Akademisi serta unsur Pemerintah Daerah. Lomba Gerak jalan indah terbuka bagi seluruh sekolah ditingkat SLTP dan SLTA se-kota Palu. Sementara Aksi sosial akan dilakukan di Museum Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, yang akan diisi dengan aksi pembersihan Museum oleh para anggota Paskibraka Sulawesi Tengah tahun 2016.

Untuk kegiatan PPI peduli dan berbagi diisi dengan kunjungan kepada keluarga pelatih Paskibraka yang telah meninggal dunia, serta mengunjungi pelatih yang sudah sepuh. Juga akan dilakukan ziarah kubur ke makam para pelatih yag selama hidupnya telah mendharma baktikan dirinya untuk mencetak generasi bangsa putera puteri terbaik.

Puncak kegiatan berupa family gathering yang akan dilaksanakan di Taipa beach pada tanggal 28 agustus 2016 yang akan diisi dengan berbagai macam acara dan hiburan. Masing masing angkatan akan tampil dan mempersembahkan kenangan dan kemampuan terbaiknya. Pada family gathering ini juga akan menghadirkan artis kota palu dan ibu kota, antara lain Don lego, Twee Band, Reza herlambang, Seventeen dan masih banyak lagi.

Beberapa pertemuan konsolidasi sudah dilakukan oleh panitia dengan beberapa Purna Paskibraka, antara lain dengan Pengurus Pusat PPI, Pengurus Provinsi PPI Sulawesi Tengah, Abdul Kadir Karding anggota DPR RI yang juga Anggota PPI tahun 1991, Sigit Purnomo Said selaku wakil walikota palu yang juga Anggota PPI tahun 1995, Adnan Ali sebagai Paskibraka pertama sekaligus Utusan Sulteng ditingkat Nasional tahun 1970, dan para Purna Paskibraka yang tergabung dalam masing masing angkatan.

ppikardingppiwawali
Panitia tidak bekerja sendiri, mereka dibantu oleh para purna yang memiliki kepeduliaan dan kemampuan yang memberikan bantuan baik ide inovatif, dana dan dorongan semangat. Dukungan juga diberikan Pemerintah Kota Palu melalui Wakil Wali Kota, untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan PPI Reunion se-Sulawesi Tengah.
Dukungan juga diberikan oleh para Purna yang berada diluar daerah. Melalui jejaring sosial, komunikasi dan kordinasi dibangun lewat group Putra Putri dwi warna di aplikasi whatsApp, selain juga memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Path dan Instagram.

Seluruh anggota PPI se-sulawesi tengah diharapkan bisa berperan aktif dan hadir dalam kegiatan reuni akbar ini. Seluruh anggota PPI baik yang pernah bertugas ditingkat Nasional (utusan Sulawesi tengah), bertugas ditingkat Provinsi dan ditingkat Kabupaten, dan atau anggota PPI dari daerah lain yang berdomisili di Sulawesi Tengah. Saat ini purna paskibraka Indonesia tersebar diberbagai daerah dengan berbagai profesi. Ini adalah potensi besar, bagi para Purna Paskibraka untuk saling menukar informasi dan berbagi, turut membantu para purna paskibraka Indonesia lainnya yang belum beruntung, dan yang terpenting, PPI dapat mengambil bagian dalam pembangunan daerah melalui keahlian dan kemampuan masing-masing.

Reuni akbar ini tentu bukan untuk pamer kesuksesan para anggotanya, namun “berbagi kesuksesan”. Hilangkan perasaan rendah diri atau tidak percaya diri untuk menghadiri reuni akbar ini hanya karena merasa belum sukses, Yang terpenting tentu adalah kebersamaan, melakukan kegiatan bersama, dan berbagi untuk kepentingan bangsa dan Negara tanpa melihat SARA (Suku, Agama dan Ras). Ketua panitia reuni akbar, ka Atho berharap reuni PPI ini bisa menjadi ‘ruang’ bagi anggota PPI untuk saling membesarkan, mengingat besarnya potensi sumber daya yang dimiliki PPI se-Sulawesi Tengah.

Dalam suatu kesempatan, Abdul Kadir Karding (Ka Kadir) berpesan “Acara reuni akbar ini dari kita dan untuk kita. Kelancaran dan kesuksesan acara ini sangat ditentukan oleh kita semua para Purna Paskibraka Indonesia”
Bagi para anggota PPI yang ingin ikut reuni silahkan mengisi biodata online di http://www.paskibrakanet.com/p/formulir-pendataan-reunion-sulteng-2016.html untuk keterangan lebih lanjut silahkan contact person atas nama Rachmat di no. hp. 081245184040.

Hidup terus berjalan, kenangan tetaplah sebuah romantisme yang membahagiakan… Marilah kita berjalan dan berbagi bersama  demi masa depan yang cerah untuk kepentingan bangsa dan Negara karena berbahagia itu harus dan berbagi itu indah .. Jayalah PPI – Jayalah Indonesiaku.

3,196 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Facebook Comments