Road to Reuni Akbar PPI Sulteng Tahun 2016

Road to Reuni Akbar PPI Sulteng Tahun 2016
Rate this post

Reuni Akbar

“Reuni akbar menjadi ajang untuk bersilahturahim, mempererat ikatan emosional, melepas kerinduan, bertukar informasi, saling memperkuat untuk masa depan yang lebih baik”

Reuni adalah pertemuan kembali (bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dsb) setelah berpisah cukup lama; menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi on line.

Jika melihat dari kata reuni terbagi dalam dua suku kata “Re” dan “Uni” dalam bahasa inggris “Re” artinya kembali dan “Uni” artinya kesatuan, dengan demikian “Reuni” berarti kembali satu.

Dalam sejarah tidak jelas siapa yang pertama kali menggunakan kata reuni dan siapa saja yang pertama kali melaksanakan kegiatan ini namun istilah reuni maupun kegiatan yang dimaksudkan dengan pengertian berkumpul kembali setelah cukup lama berpisah sudah dilakukan orang orang jauh sebelum kita.

Kita sering mendengar kata reuni bahkan sebagian besar dari kita pernah dan sering mengikuti reuni. Reuni yang biasa kita dengar contohnya reuni SMA 1 Palu, atau reuni angkatan 93 SMU 2 Palu atau reuni Tadulako merantau, dan masih banyak lagi. Reuni bisa dilakukan di berbagai tempat dengan acara yang beragam, ada yang sekedar makan malam bersama; ada yang dengan pesta seperti sebuah resepsi pernikahan, ada panggung, ada musik, ada pemetasan seni, dll; ada juga dengan menggelar kegiatan sosial bersama. namun inti dari sebuah reuni adalah temu kangen, mengenang masa masa lalu bersama, saling menukar informasi dan kebahagiaan.

 

Kata “Akbar” berarti besar, dengan demikian reuni akbar mengandung makna sebuah pertemuan besar setelah cukup lama berpisah untuk kembali menjadi satu.

Konon pertemanan yang dibangun saat remaja adalah waktu yang tepat membangun hubungan, karena dimasa itu setiap remaja mencari jati dirinya, mencoba banyak hal bersama dengan teman temanya dan mengeksplore semua kemampuan yang dimiliki. Hubungan pertemanan saat remaja, terasa begitu mengikat, romantis dan sulit untuk dilupakan.

Manusia sebagai mahluk sosial cenderung tidak bisa hidup sendiri, ada dorongan untuk selalu bekerjasama atau bersama dengan orang lain.

Kondisi diatas ditambah dengan kerinduan untuk bertemu dan pencapaian individu serta kelompok mendorong setiap orang dan kelompok untuk mengikuti kegiatan reuni akbar. Reuni akbar menjadi ajang untuk bersilahturahim, mempererat ikatan emosional, melepas kerinduan, bertukar informasi, saling memperkuat untuk masa depan yang lebih baik. Reuni bukan ajang untuk saling pamer prestasi atau pamer kekayaan atau pamer hal lain yang berdampak negatif.

Kita tidak berhak untuk merasa minder atau tidak percaya diri sehingga tidak menghadiri sebuah reuni hanya karena kita merasa belum sukses atau kita merasa terpuruk. Sekali lagi, kita tidak berhak … Justru kita punya kewajiban untuk hadir dalam sebuah reuni karena memperpanjang silahturahim itu adalah sebuah kabaikan. Kabaikan yang dilakukan secara bersama sama akan menghasilkan energi positif yang mampu menggerakan mesin pembangunan yang bermartabat dan mensejahterakan.

Sebagian tumbuhan membutuhkan pupuk dan kebersamaan untuk besar dan bermanfaat, begitupun dengan sebagian manusia membutuhkan cinta dan kebersamaan untuk tumbuh menjadi besar dan kuat sehingga bermanfaat bagi banyak orang dan menjadi kebanggaan di lingkungannya.

 

Menyimak pengalaman reuni, suasana akan mencair, semua yang hadir akan berada diatmosfer yang sama, bersemangat, bergembira dan bersuka ria lepas dari rutinitas sehari hari. Sejarah masa lalu yang pahit, menakutkan dan mengecewakan saat reuni otomatis menjadi cerita yang menyenangkan bahkan menjadi bahan tertawaan. Reuni menjadi kesempatan bagi kita untuk menyegarkan kembali masa lalu dan mengedit kambali kenangan buruk menjadi yang terindah.

Kesuksesan reuni sangat ditentukan oleh keterlibatan aktif bukan hanya panitia namun semua yang menjadi bagian dari reuni tersebut. Bagi kelompok yg besar dapat dimudahkan dengan membuat simpul simpul kelompok kecil misalnya per-angkatan seperti yang dilakukan oleh Purna Paskibraka Indonesia Se- Sulawesi Tengah. Kemudian simpul simpul tersebut berjejaring dan terhubung dengan panitia pelaksana reuni.

Tahun ini akan diadakan reuni akbar Purna Paskibraka Indonesia Se-Sulawesi Tengah. Mengapa disebut Reuni Akbar..? karena reuni ini mengundang seluruh purnah paskibraka Indonesia se-sulawesi tengah dari tingkat nasional (utusan propinsi Sulawesi Tengah), tingkat provinsi sampai ke tingkat kabupaten/kota dari semua angkatan. Bahkan para purna paskibraka Indonesia dari propinsi lainnya yang kebetulan berdomisili di Sulawesi Tengah. Kita bisa membanyangkan begitu banyak orang yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga sangatlah tepat jika disebut Reuni Akbar.

Mari kita berkumpul untuk berbahagia dan berbagi cinta.

Cinta yang dilahirkan dengan ketulusan  dan Cinta yang dibesarkan dengan semangat juang yang tinggi.

Cinta untuk bangsa dan negaramu “Indonesia”

Berbahagia itu harus, berbagi itu indah.

Mari “berbagi kesuksesan” ayo bergabung dan kita sukseskan Reuni Akbar Paskibraka Indonesia Se-Sulawesi Tengah tahun 2016.

1,371 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Facebook Comments