Puluhan Mobil Hias Meriahkan Pawai Takbir Akbar di Palu

Puluhan Mobil Hias Meriahkan Pawai Takbir Akbar di Palu
Rate this post

Palu, Satusulteng.com – Puluhan mobil bak terbuka yang dihias sedemikian rupa menambah meriah euforia malam takbir di Kota Palu. Mobil – mobil itu didesain sejak jauh – jauh hari sebelum pawai takbir akbar oleh peserta yang berasal dari berbagai organisasi masyarakat dan keagamaan.

Peserta pawai takbir keliling memulai pawainya di halaman Kantor Wali Kota Palu dan finish di lokasi yang sama. Mereka melantunkan takbir , tahmid dan tahlil di mobil bak terbuka yang para peserta naiki.

Selain alunan takbir yang dilantunkan jamaah lewat pengeras suara di seantero masjid di kota itu yang saling sahut menyahut tanpa putus, pawai takbir keliling yang diikuti sekitar seribuan peserta dari Remaja Islam Masjid (Risma), Organisasi kemasyarakatan dan keagamaan Islam menambah semarak suasana malam lebaran di Kota Palu.

Meski dilanda hujan deras, pawai takbir keliling yang diselenggarakan Pemerintah Kota Palu itu tidak menyurutkan antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan itu hingga selesai.

Wali Kota Palu Hidayat saat memberi sambutan pada acara pelepasan peserta takbir keliling di halaman Kantor Wali Kota Palu mengatakan selama dua tahun kepemimpinannya baru tahun ini pemerintah menyelenggarakan pawai akbar malam takbir keliling yang saat pemerintahan Wali Kota Palu Rusdi Mastura menjadi agenda rutin tahunan kala menyambut Idul Fitri.

“Selama 2,5 tahun kepemimpinan kami, kami tidak melaksanakan pawai takbir akbar keliling. Kenapa? Karena kami lagi mempersiapkan berbagai program yang lebih menyentuh masyarakat kita,”kata Hidayat.

Hidayat menuturkan saat ini Pemkot Palu fokus mencetak generasi muda di Kota Palu yang dilandasi iman dan takwa lewat program penambahan jam pelajaran agama di semua sekolah dasar di Kota Palu.

Lewat program tersebut kata dia, mereka akan diberi pemahaman penguatan agama yang betul sehingga anak – anak tersebut tidak mudah dicolok dengan pemahaman – pemahaman sesat yang mengatasnamakan agama oleh oknum – oknum tidak bertanggung jawab.

“Kita juga sudah menyiapkan empat SMP (Sekolah Menengah Pertama) sederajat yang akan menjemput dan menampung mereka,”ujar Hidayat.

Pawai takbir akbar keliling yang dilepas secara resmi oleh Wali Kota Hidayat sekitar pukul 21.00 WITA itu melewati sejumlah rute jalan meliputi jalan Prof. M. Yamin, jalan Basuki Rahmat, jalan I Gusti Ngurah Rai, jalan Gawalise, jalan Munif Rahman, jalan Cumi-cumi, jembatan Palu IV, bundaran patung kuda, jalan Komodo, jalan Tombolotutu, jalan Sisingamangaraja dan jalan Veteran.

Aparat dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palu aparat kemanan dari kepolisian dan tentara juga turut ikut dalam pawai itu. Mereka dikerahkan untuk mengamankan jalannya pawai takbir Akbar keliling dan menjaga arus lalu lintas yang dilewati peserta pawai.***

311 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments