Peringati HKAN, BTNKT Gelar Berbagai Kegiatan

Touna, Satusulteng. com – Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Minggu (13/8/2017) menyelenggarakan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang jatuh setiap tanggal 10 Agustus setiap tahunnya.

Pelaksanaan HKAN tahun 2017 yang di pusatkan di Taman Jembatan Hayal di warnai berbagai kegiatan yaitu jalan santai, senam bersama, pelepasan burung kacamata hitam ke alam bebas dan penanaman secara simbolis pohon mahoni oleh Asisten III Pemkab Touna Ir. Munawar Mapu, M.SI, Kapolres Touna AKBP Bagus Setiyono, S.IK, MH, Kajari Touna Hadi Sulanto, SH, MH dan Kepala BTNKT Ir. Bustang, Minggu (13/8/2017)

.

Peringatan HKAN merupakan kampanye gerakan konservasi alam untuk meningkatkan kesadaran pentingnya konservasi alam, dan menumbuhkan peran publik dalam menyelamatkan keanekaragamanan hayati, kawasan konservasi dan lingkungan hidup,” kata Asisten III Pemkab Touna Ir. Munawar Mapu, M.SI saat membacakan sambutan tertulis Bupati Touna pada peringatan HKAN, Minggu (13/8/2017).

Dia mengatakan, pada tahun 2017 ini, perhelatan HKAN bertema “Konservasi Alam, Konservasi Kita” yang mana makna dan pesan yang terkandung dalam tema tersebut adalah konservasi alam pada hakikatnya adalah kehidupan kita umat manusia serta mahluk hidup lainnya.

“Olehnya, dalam mensukseskan kegiatan ini diperlukan pemahaman edukasi dan peran aktif masyarakat dalam menyelamatkan ekosistem alam. Peran aktif tersebut melalui tidak melakukan kerusakan terhadap kawasan-kawasan konservasi, tidak membuang sampah sembarangan, menanam jenis-jenis tanaman endemic dan langkah, serta melepas satwa liar yang dilindungi kehabitat alam, penggunaan barang tidak terurai, pembakaran lahan tak terkendali, perambatan hutan dan perdagangan satwa dan flora yang dilindungi,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BTNKT Ir. Bustang mengatakan, bahwa Kepulauan Togean merupakan kawasan konservasi dan keanekaragaman hayati yang harus dijaga, agar proses ekologis pendukung sistem penyangga kehidupan, tetap berjalan.

“Sehingga mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat. Keberadaan kawasan konservasi sebagai benteng keragaman hayati terakhir menjadi sangat krusial untuk dijaga dan dipertahankan,” tukasnya.

Pantauan media ini, Minggu (13/8/2017) Ribuan masyarakat Kabupaten Touna ikut serta dalam peringatan HKAN tahun 2017 itu. Panitia menyediakan berbagai doprize terhadap masyarakat yang ikut jalan santai dan senam bersama.

208 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments