Masyarakat Diminta Lestarikan Lingkungan

Touna, Satusulteng.com – Asisten III Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tojo Una-Una, Ir. Munawar Mapu, M.SI mengajak kepada masyarakat untuk melestarikan dan menjaga alam, lingkungan, hutan dan keanekaragaman hayati.

Karena ia merupakan anugerah tak ternilai dari tuhan yang maha esa,” kata Munawar, Rabu (12/7) saat membuka Rakoor dan Sosialisasi PP No 12 tahun 2014 tentang tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT).

Menurutnya, melestarikan atau melindungi keanekaragaman hayati dalam kerangka ekosistim menjadi tanggungjawab bersama.

“Harus kita sadari bahwa ancaman terhadap keanekaragaman hayati seperti terjadinya kehilangan jenis dan kerusakan habitat diperburuk dengan terjadinya perubahan iklim, illegal logging dan illegal fishing,” tuturnya.

Munawar menjelaskan, pentingnya PNPB berdasarkan pertimbangan pokok antara lain mengoptimalkan penerimaan yang berasal dari kekayaan alam bagi sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat sesuai dengan isi semangat pasal 33 undang-undang dasar 1945.

“Dengan menggencarkan wisata alam taman nasional maka nilai intangible dari hutan berupa keindahan alam akan memiliki arti ekonomi masyarakat. Pemanfaatan hutan ini memberi nilai ekonomi yang berlipat dari pada nilai ekonomi ekspolitasi hasil hutan kayu,” jelasnya.

Olehnya, dia berharap melalui Rakoor dan sosialisasi tata kelolah pemungutan PNPB yang pertama kali dilaksanakan oleh BTNKT dapat menjadi sarana untuk memberikan informasi dan masukan arah kebijakan tata kelolah pemungutan PNPB di kawasan TNKT.

“Selain itu sebagai langkah untuk mencapai keselarasan dan keterpaduan dalam penyusunan rencana program dan kegiatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” harapnya.

Rakoor dan sosialisasi PP No 12 tahun 2014 tentang tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan PNPB yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan di kawasan TNKT dihadiri oleh Ketua DPRD Touna, Kapolres Touna, Kejari Ampana dan Kepala BTNKT selaku penyelenggara kegiatan.

235 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Facebook Comments