Lalulintas Domestik Masuk Tahun 2017 Didominasi Benur Udang Vanamei

Palu, Satusulteng.com – Sulawesi tengah memiliki garis pantai sepanjang 4.013 kilometer, merupakan provinsi dengan garis pantai terpanjang di Sulawesi. Potensi pengembangan budidaya udang dan pertambakkan sangat besar, jika dikelola dengan baik kondisi ini sangat menguntungkan dan pastinya meningkatkan roda prekonomian di Sulawesi tengah. Sektor perikanan di provinsi ini ibarat raksasa, dengan sedikit saja sentuhan maka sektor ini akan mensejahterakan dan memerdekaan masyarakatnya dari belenggu kemiskinan.

Dilihat dari kacamata perikanan, sulawesi tengah sangat tersohor dengan teknologi budidaya udang vanamei supra intensif. Sebuah teknologi budidaya udang karya anak bangsa yang membuat mata dunia terbuka keheranan dan berlomba untuk belajar dan menerapkannya. Keberhasilan produksi budidaya udang ditentukan oleh faktor penguasaan teknologi, manajemen pakan, manajemen kualitas air,dan tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan benih, baik kualitas maupun kuantitas. Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya, udang yang sehat dan gemuk sangat tergantung dari induk dan usaha perbenihannya.

Total nilai rupiah benur vannamei terus mengalami peningkatan sejak tahun 2015 hingga pertengahan 2017, yakni sebesar Rp 2.643.587.000 (tahun 2015), Rp 6.710.479.940 (tahun 2016), dan Rp 3.771.640.000 (Januari-Juni 2017). Perkembangan nilai (rupiah) pemasukan benur vanamei melalui bandar udara Mutiara Sis Aljufri Palu disajikan pada gambar berikut :

Benur udang vanamei di Sulawesi tengah didatangkan dari daerah Surabaya dan Makassar. Komoditas ini merupakan komoditas yang paling sering dimasukkan di Sulawesi Tengah. Kemandirian produksi benih merupakan suatu keharusan, tidak bisa ditawar-tawar lagi. Penyediaan panti benih di Sulawesi tengah merupakan suatu langkah cerdas dan inovatif, keberadaan panti benih dapat memangkas biaya produksi terutama biaya pengiriman cargo udara. Ketersediaan benur yang murah dan berkualitas akan mendorong masyarakat untuk memasifkan kegiatan budidaya udang vanamei.

 

Muhsir, A.Md

Fungsional Pengendali hama dan Penyakit Ikan Di Stasiun Karantina Ikan Palu.

572 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Facebook Comments