Kuliah Umum, STPL Hadirkan Narasumber Dari Badan Karantina Ikan Palu

Palu, Satusulteng.com, Pada Senin 04 September 2017, Sekolah tinggi perikanan dan kelautan (STPL) Palu menyelenggarakan kuliah umum bertempat di kampus Madani Jalan Soekarno Hatta KM 6 Palu. Kuliah umum disampaikan oleh narasumber bapak Khoirul Makmun yang merupakan Kepala Karantina Ikan, pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palu.

Sumberdaya perikanan Sulawesi Tengah sangat melimpah, ketersediaan sumberdaya manusia merupakan kunci sukses untuk mewujudkan perikanan yang berdaulat, lestari, dan berdaya saing. Kuliah umum dengan menghadirkan institusi pemerintah selaku otoritas kompeten merupakan langkah positif untuk mempersiapkan SDM yang kompetitif. STPL Palu diharapkan dapat mencetak insan-insan perikanan melebihi standar kompetensi pasar kerja, tidak hanya pada level lokal dan regional tapi juga internasional.

Pada kuliah umum tersebut, Kepala BKIPM Perwakilan Palu menyampaikan materi tentang pengendalian mutu serta Keamanan Hasil Perikanan yang meliputi : persyaratan pasar negara tujuan, regulasi tentang mutu dan keamanan hasil perikanan, Prinsip HACCP, GMP dan SSOP, seafood safety serta issu-issu tentang keamanan hasil perikanan. Kuliah umum berlangsung interaktif, beberapa mahasiswa terlihat bersemangat mengikuti perkuliahan.

Penulis,
Irmawan S (Penanggungjawab publikasi dan Informasi BKIPM Palu)

146 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Facebook Comments