KPU Touna Resmikan Rumah Pintar Pemilu

KPU Touna Resmikan Rumah Pintar Pemilu
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Dalam rangka mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan berdemokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melakukan launching/meresmikan rumah pintar pemilu, Jumat (3/8/2018).

Rumah pintar pemilu KPU Kabupaten Touna itu diresmikan oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Tanwir Lamaming di dampingi oleh Ketua dan anggota Komisioner KPU Touna, Ketua dan komisioner Panwaslu Touna, Kadis Dukcapil dan Sekertaris KPU Touna.

Turut hadir dalam peresmian itu Kaban Kesbangpol, pimpinan Parpol, para kepala Sekolah SMA sedarajat se-Kabupaten Touna, masyarakat, pelajar SMA sedarajat dan SMP Sedarajat.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Touna Dirwansyah Putra mengatakan, konsep Rumah Pintar Pemilu menjadi penting untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum akan hadirnya sebuah sarana untuk menjadi museum pemilu sebagai pusat pendidikan pemilu di Kabupaten Touna.

“Karena kami menyadari betapa sangat pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu yang di adakan khususnya Kabupaten Touna dimulai dari Pemilihan Anggota Legislatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah,” kata Dir nama sapaan Ketua KPU Touna itu.

Hal ini, kata Dir, tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang menjadi sasaran KPU Kabupaten Touna dalam hal meningkatkan kesadaran dalam menyalurkan aspirasi politik pada hari pemungutan suara.

“Olehnya, pada tahun 2018 ini, KPU Kabupaten Touna di percayakan oleh KPU RI untuk membuat sarana yaitu rumah pintar pemilu,” ujarnya.

Dir berharap dengan adanya rumah pintar pemilu ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, para pelajar yang ada di Kabupaten Touna.

“Kami berharap dengan telah diresmikan rumah pintar pemilu dapat menjadi sarana pendidikan yang baik bagi keberhasilan demokrasi di Kabupaten Touna,” harapnya.

Sementara itu Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming mengatakan, rumah pintar pemilu merupakan upaya mengedukasi kepada para pemilih, pemilih pemula dan masyarakat umum dalam pentingnya berdemokrasi dalam pemilu.

“Di Rumah Pintar nanti akan berisi berbagai informasi terkait pemilu berupa buku dan riset-riset terkait pemilu dari masa kemasa,” katanya.

Dia berharap dengan peresmian rumah pintar pemilu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu ke pemilu.

“Ini harus menjadi sarana masyarakat semakin sadar pentingnya pemilu dan semangat dalam partisipasi pemilu,” ujarnya.(Yahya).

132 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Facebook Comments