Keren, Perkebunan Lapas Ampana Hasilkan Jutaan Rupiah

Touna, Satusulteng.com – Dalam rangka mewujudkan sebagai Lembaga Pemasyarakat (Lapas) yang produktif segenap jajaran Lapas Kelas IIB Ampana Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) mencoba berbuat maksimal demi hasil nyata. Langkah nyata ini dimulai dengan mengembangkan lahan perkebunan.

Lahan perkebunan dengan luas 1,5 HA tersebut ditanami dengan jagung, sayur – sayuran dan pepaya. Lahan perkebunanan tersebut membuktikan secara langsung bahwa jajaran Lapas Ampana khsusnya bagi warga binaannya mampu berkontribusi nyata dalam mewujudkan Lapas Produktif.

Pantauan media ini Senin (4/9) Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Ampana Rahnianto Amd.Ip , S.Sos memantau langsung perkebunan Lapas yang berada dibelakang Lapas Kelas IIB Ampana.

Kalapas Kelas IIB Ampana Rahnianto Amd. Ip, S.Sos mengatakan, walau dengan segala keterbatasan Lapas Ampana yang sebenarnya tidak memiliki lahan perkebunan namun melalui pendekatan dengan masyarakat sekitar, Lapas Ampana diberikan hak untuk pinjam pakai lahan milik masyarakat.

“Dari hasil perkebunan tersebut Lapas Ampana telah 2 kali panen. Untuk hasil panen pertama telah menghasilkan Rp.3,5 juta dan untuk panen yang kedua mampu menghasilkan Rp.8 juta rupiah,” kata Kapas Kelas IIB Ampana Rahnianto kepada media ini, Senin (4/9).

Dikatakannya, dengan hasil perkebunan ini telah memberikan hasil yang cukup baik dalam rangka membantu kesejahteraan bagi Warga binaan Pemasyarakatan dan Pegawai Lapas Ampana.

“Saat ini kami juga sudah meningkatkan lahan pinjam pakai. Semoga kedepannya hasil akan lebih baik dari sebelumnya,” harapnya.

138 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Facebook Comments