KAPOLRES : Peringatan Hari Pahlawan Sebagai Momen Refleksi Untuk Mengenang Pengorbanan Para Pahlawan Berjuang Kemerdekaan

KAPOLRES : Peringatan Hari Pahlawan Sebagai Momen Refleksi Untuk Mengenang Pengorbanan Para Pahlawan Berjuang Kemerdekaan
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Kepolisian Resor (Polres) Tojo Una-Una (Touna) pada Sabtu 10 November 2018 sekitar Pukul 07.00 Wita telah melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2018.Peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 ini adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku”.

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Mako Polres Touna ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Wattimena, S.IK, bertindak sebagai Komandan Upacara KBO Narkoba IPDA Masdur Efendi SH dan Perwira Upacara Kasat Narkoba AKP Abdilah Masia, SH.

Upacara ini, diikuti oleh para pejabat Polres Touna, Kabag, Kasat, Perwira, Staf, Brigadir Polri dan Polres Touna dengan susunan acara yakni pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, teks pembukaan UUD 1945 dan pembacaan pesan Pahlawan serta amanat Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Wattimena, S.IK selaku Inspektur Upacara menyampaikan, bahwa peringatan hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk mengenang atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Hari Pahlawan yang diperingati didasarkan pada peristiwa terhebat dalam riwayat sejarah Dekolonisasi dunia, yakni “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap Bangsa Indonesia dari berbagai Ras, Suku, Agama, Budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan-bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Kemerdekan Indonesia,” kata Kapolres.

Olehnya, kata Kapolres, melalui momentum peringatan hari Pahlawan 10 November 2018, Diharapkan keteladanan para pahlawan menjadi modal bagi segenap komponen bangsa dalam menjaga, memelihara, dan memperkokoh persatuan dalam membangun negeri.

“Mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dinikmati hari ini merupakan hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetasan air mata, serta tumpahan darah para pahlawan,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, pada kesempatan baik ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, berkerja, berkarya, menjadi pahlawan bagi diri sendiri, bagi lingkungan, masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri ini.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, Merdeka..!!,” teriak Kapolres dengan menutup dan sambutannya.

Penulis. Yahya Lahamu
Sumber. Humas Res Touna

228 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments