Hadiri Pesta Panen di Podi, SDS Dijemput Dengan Seni Budaya

Touna, Satusulteng.com – Bagi masyarakat Kabupaten Tojo Una Una siapa yang tak kenal Ir. Suprapto Daeng Situru, MH atau yang sering dipangil SDS, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dari PAN itu selalu menyempatkan diri pada kegiatan-kegiatan masyarakat Kabupaten Tojo Una Una.

Walaupun dengan padatnya kegiatan sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah SDS yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Tojo Una Una dapat menghadiri kegiatan moraa atau pesta panen masyarakat Podi, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una Una, Minggu 3 Desember 2017 kemarin.

SDS dengan senyuman khasnya memberikan salaman kepada pejabat Pemerintah Daerah yakni staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Ekonomi dan pembangunan Burhanudin Lahay, S.Ag, Kabag Humas dan Protokoler Hasbullah DM, Camat Tojo Suharto, S.Pd serta seluruh masyarakat yang menyambut kedatangan rombongan dengan adat motompo, kayori, motela, motaro, dan moganci.

SDS mengatakan, pelaksanaan kegiatan moraa atau pesta panen ini, adalah sebagai bentuk rasa syukur kita kpd Allah SWT atas hasil panen yang diperoleh masyarakat Podi, yang rangkaikan dengan pelaksanan adat budaya seperti motompo, kayori, motela, motaro, moganci, dan lain-lain.

“Dengan adanya kegiatan pesta panen dan pelaksanaan adat budaya seperti ini sebagai salah satu bukti bahwa kita belum melupakan adat budaya kita. Kita harus selalu menampilkan seni budaya daerah, sehingga dapat terlestarikan yang akan menjadi salah satu benteng pertahanan dari masuknya budaya barat,” harapnya.

Kegiatan pesta panen itu juga dilakukan penyerahan piala juara umum oleh penyerahan Bupati diwakili oleh staf Ahli Bidang Keuangan, Ekonomi dan pembangunan Burhanudin Lahay, S.Ag bantuan SDS berupa hadiah bonus, kostum volly, 2 set bola volly dan net, makan siang bersama, penampilan grub kayori anak-anak Desa Podi, dan minum air tape bersama seluruh undangan.(***).

175 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Facebook Comments