Forum KUB Sivia Patuju Penunjang Sumber Daya Manusia di Sektor Perikanan Touna

Forum KUB Sivia Patuju Penunjang Sumber Daya Manusia di Sektor Perikanan Touna
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pendapatan asli daerah (PAD) mengingat Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) adalah sebagian besar wilayahnya adalah wilayah pesisir dan kepulauan yang terletak diwilayah teluk tomini dimana potensi perikanan wilayah teluk tomini cukup besar.

Olehnya, dalam hal pengelolaan dan pengembangan potensi perikanan di Kabupaten Touna dibutuhkan sumber daya manusia yang lebih baik,” kata Bupati Touna Mohammad Lahay, SE, MM melalui Asisten II Sekertariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Touna Burhanudin Lahay, S.Ag, M.Si saat membuka Workshop Penguatan Kelembagaan Forum Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sivia Patuju/Koperasi Sivia Patuju, Selasa 24 April 2018 kemarin di TPI Desa Labuan.

Burhanudin mengatakan, guna menunjang kebutuhan sumber daya manusia di sektor perikanan maka dibentuklah Forum KUB Sivia Patuju yang kemudian berkembang menjadi Koperasi Sivia Patuju yang mewadahi kelompok usaha bersama di Kabupaten Touna.

“Koperasi adalah badan hukum dan berbadan usaha prinsip koperasi meruakan landasan pokok koperasi. Anggota koperasi memiliki identitas ganda sebagai pemilik dan pelanggan dimiliki anggota yang bergabung atas kepentingan ekonomi yang sama membangun usaha bersama atas dasar kekuatannya sendiri berasas kekeluargaan,” ujarnya.

Lanjutnya, prinsip koperasi didirikan, dimodali, dibiayi, diatut dan diawasi serta dimanfaatkan sendiri oleh anggotanya. Sementara tugas pokok badan usaha koperasi adalah penunjang kepentingan ekonomi anggotanya untuk memajukan kesejahteraan anggota jika terdapat kelebihan kemampuan pelayanan koperasi kepada anggotanya, maka dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang bukan anggota koperasi.

“Untuk itu melalui kegiatan workshop ini dapat memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan Koperasi Sivia Patuju sesuai mekanisme yang ada,” harapnya.

Hadir dalam pembukaan Workshop Forum KUB Sivia Patuju/Koperasi Patuju itu Kepal Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Touna, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Touna, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Touna.(yat)

120 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Facebook Comments