Dishub Palu Rekayasa Lalu Lintas Saat Malam Lebaran

Palu, Satusulteng.com – Dinas Perhubungan ( Dishub) Kota Palu melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan di Kota Palu saat malam lebaran nanti.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Palu Marwan Karim mengatakan lalu lintas di ruas jalan yang direkayasa berada di beberapa pusat perbelanjaan masyarakat yakni di kawasanpasar lentora Jl. Ahmad Yani dan di kompleks Palu Plaza Jalan Danau Lindu. Rekayasa lalu lintas alam dimulai pukul 19.00.

“Untuk di kompleks Palu Plaza kita akan menutup seluruh jalan di Jalan Danau Lindu. Karena di situ akan dipakai pedagang untuk berjualan. Hanya pas malam lebaran saja kami tutup jalannya,” kata Marwan di Palu, Kamis.

Olehnya pengendara akan dialihkan menuju Jalan Gajah Mada , Jalan Sungai Malei, Jalan Sungai Gumbasa dan Jalan Danau Poso. Sementara kendaraan roda dua dan empat dilarang memasuki kompleks Palu Plaza

Sementara itu di kawasan Pasar lentora Jalan Ahmad Yani kata Marwan, pihaknya merekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan.

Marwan menuturkan sepanjang jalan Ahmad Yani dan setengah ruas jalan S Parman akan diberlakukan sistim satu arah demi mengurangi kemacetan akibat penumpukan kendaraan dari arah yang berlawanan.

“Kalau mau masuk ke pasar lentora pengendara lewat di Jalan Sam Ratulangi. Kemudian ke lewat Jalan Tinombala,” ujarnya.

Adapun pengendara yang akan keluar dari pasar lentora lanjut Marwan diarahkan untuk mengikuti arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani menuju Jalan S Parman dan akan melewati Jalan Sutoyo.

Di kawasan Pertokoan Jalan Hasanudin dan kawasan pasar lentora di Kecamatan Tawaeli sambung Marwan, Dishub Palu tidak melakukan rekayasa lalu lintas di sana.

“Karena diperkirakan tidak akan terlalu macet sebab pengendara yang akan bepergian belanja kebutuhan lebaran tidak akan menumpuk di sana saja. Sudah ada Palu Grand Mall (PGM) dan Mall Tatura sehingga pengendara pasti berpencar. Tidak seperti tahun – tahun sebelum nya saat belum berdiri pusat perbelanjaan di Kota Palu,” imbuh Marwan.

Sementara itu Satlantas Polres Palu dalam rangka Operasi Ketupat Tinombala 2018 juga merekayasa sejumlah lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Jembatan 1 Palu, PGM dan di Mall Tatura.

Satlantas Polres Palu akan menurut ruas Jalan Diponegoro yang berada di depan PGM. Sementara lalu lintas di ruas jalan di Jembatan 1 Palu akan dibuat dua arah untuk mengatasi kepadatan pengendara di kompleks Pertokoan Jalan Hasanudin.

Untuk ruas jalan di sekitar Mall Tatura Palu, pengendara yang datang dari Jalan Emi Saelan akan dialihkan menuju Jalan Maluku.***

502 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments