Ciptakan Kesadaran dan Tanggungjawab WBP, Lapas Ampana Bangun Tempat Cucian Mobil

Touna, Satusulteng.com – Dalam rangka untuk menciptakan kesadaran social sekaligus mewujud rasa tanggung jawab social kepada setiap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIB Ampana Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) akan membangun tempat cucian mobil.

Kepala Lapas Kelas IIB Ampana Rahnianto Amd. Ip, S.Sos mengatakan, pembangunan cucian mobil tersebut mengarah ke pembinaan asimilasi untuk pembaurannya WBP dengan masyarakat.

“Dalam arti kata pembinaan WBP yang diarahkan pada rehabilitas social dan resosialisasi ini agar WBP dapat kembali memasyarakatkan diri secara wajar dengan lingkungan sekitar. Untuk keberhasilan maksud tersebut setiap napi idealnya melewati program pembinaan di luar Lapas yang istilahnya disebut dengan asimilasi,” kata Rahnianto kepada media ini, Senin (4/9) di ruangan kerjanya.

Ditambahnya Kalapas, Bahwa dalam hal lainnnya yang ingin dicapai Lapas Kelas IIB Ampana dari pembangunan tempat cucian mobil tersebut adalah sebagai tempat latihan kerja mandiri bagi WBP. Sehingga nantinya setelah mereka keluar ada keahlian yang mereka miliki sebagai modal mereka dalam bekerja.

Olehnya, Dia memohon kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Touna, agar ikut peduli dengan warganya yang didalam Lapas yang sangat memerlukan sentuhan kasih sayang berupa pemberian binaan kemandirian, seperti pelatihan ketrampilan yang bermanfaat untuk WBP.

“Dengan adanya pelatihan ketrampilan tersebut warga binaan dapat menjadikan pribadi yang kreatif dan produktif yang pada gilirannya mampu berintegrasi secara sehat dalam kehidupan masyarakat,” harapnya.

251 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Facebook Comments