Camat Simpang  Raya Beri  Pembinaan Peningkatan Bumdes Desa Mantan

Camat Simpang  Raya Beri  Pembinaan Peningkatan Bumdes Desa Mantan
Rate this post

Simpang Raya, Satusulteng.com – Untuk membangkitkan perekonomian Desa, Camat Simpang Raya, Kabupaten Banggai, Harianto Galib  S. Sos memberikan pembinaan Desa Mantan A tentang pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kantor Desa Mantan A, Kamis(13/9/2018) kemarin.

Hal tersebut terkait penguatan ekonomi wawasan pedesaan melalaui BUMDes.

Camat Simpang Raya Harianto Galib  S. Sos mengatakan, upaya keluar dari kemiskinan desa sesuai dengan arahan kementerian Desa, bahwa Desa tertinggal dan transmigrasi, upaya tersebut diyakini mujarab memerangi kemiskinan di Indonesia adalah Prukades.

Prukades adalah singkatan dari Produk Unggulan Kawasan Pedesaan yakni langkah memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa. Memiliki produk unggulan akan memudahkan desa membangun akses pasar dan berbagai hambatan yang selama ini dihadapi warga desa dalam membangun percepatan ekonomi.

Prukades adalah program pertama dari empat prioritas yang dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dalam Program Dana Desa. Jika sebuah desa telah menemukan produk unggulan untuk dikembangkan maka lebih mudah bagi desa membangun akses pasar dan bakal bisa dikembangkan dalam skala yang besar sehingga lebih menguntungkan.

Banyak Inovasi pengembangan Bumdes yang kita sampaikan ke pada pengurus Bumdes di Desa Mantan A ini. Muda,-mudahan dengan adanya inovasi penguatan ekonomi desa yang di kelola Bumdes maka desa ini akan lebih maju dan mandiri.

Menurutnya kemiskinan bakal bisa diatasi jika desa sudah menemukan produk unggulannya.

Camat berharap Desa Mantan A bisa mandiri dalam hal Pengelolaan Bumdes sehingga kedepan Masyarakat bisa sejahtera dan dapat menikmati hasil yang baik.(del).

362 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Facebook Comments