BTNKT Aksi Perangi Sampah di Pesisir Pantai

Touna, Satusulteng.com – Balai Taman Nasioanal Kepulauan Togean (BTNKT) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-Una (Touna), Mahasiswa Untad dan masyarakat bersih-bersih sampah di pesisir pantai di Desa Labuan, Kecamatan Ratolindo, Minggu (24/9/2017).

Aksi perang sampah tersebut dilaksanakan oleh lembaga konservasi dan lingkungan hidup turut di hadiri oleh Asisten III Pemkab Touna, Ir. Munawar Mapu, M.Si, Kasubag TU BTNKT, Oktovianus Sampebunga, Kepala SPTN wilayah I Wakai dan Kepala Desa Labuan.

“Hal ini untuk mewujudkan Indonesia bersih sampah 2020 memperkuat komitmen Negara Indonesia sebagai Negara destinasi bahari dunia yang bekelanjutan,” kata Okto nama sapaan Kasubag TU BTNKT tersebut, Minggu (24/9/2017).

Dia mengatakan, isu terkait pencemaran sampah di laut lebih kompleks dan menjadi perhatian publik serta pemerintah Indonesia.

“Di sisi lain, pemerintah secara konsisten terus mengembangkan sektor pariwisata serta infrastruktur transportasi penghubung antar kepulauan di Indonesia yang dikenal dengan Tol Laut,” ujarnya.

Menurutnya, kebijakan pembangunan ini harus ditunjang dengan kondisi lingkungan yang bersih dari sampah terutama di kawasan pesisir dan laut.

“Olehnya, dalam mensukseskan Indonesia bersih sampah 2020 diperlukan pemahaman edukasi dan peran aktif masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tukasnya.

154 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Facebook Comments