img

Brayyen S

| Politika

| 29 Agustus 2013 - 16:05 WITA

31 orang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sulteng dipastikan lolos dalam Daftar Calon Tetap (DCT) yang diumumkan KPU Sulteng.  Dengan demikian 31 calon anggota DPD RI akan memperebutkan empat kursi ke Senayan pada Pemilu 2014 mendatang. Jumlah tersebut sama dengan yang tertera pada DCS yang dirilis KPU Sulteng belum lama ini.


Persaingan untuk memperebutkan empat tiket ke Senayan terbilang ketat. Pasalnya empat petahana masih kembali maju. Mereka adalah Nurmawati Bantilan, Silvana Pandegirot, Saleh Aljufrie, Ahmad Syaifulah Malonda.


Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menetapkan DCT DPD di 33 Provinsi sebanyak 945 orang. Penetapan DCT DPD tersebut dilakukan melalui rapat pleno KPU, Rabu malam (28/8).


Untuk memudahkan masyarakat mengenali para calon, KPU akan mengumumkan DCT tersebut melalui website KPU, media massa nasional dan media massa di setiap provinsi.


Selain melalui media massa cetak, elektronik dan website KPU, nama-nama calon anggota DPD juga akan diumumkan di setiap kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan.


Ketua KPU Sulteng Sahran Raden menuturkan, setelah penetapan DCT, KPU membuka ruang penyelesaian sengketa sampai tanggal 14 November 2013.
Penyelesaian sengketa diawali melalui forum musyawarah dan mufakat di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Jika bakal calon anggota DPD yang merasa kepentingannya dirugikan, tidak dapat menerima putusan Bawaslu dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tatausaha Negara (PTTUN).



Berita Lainnya

Back to Top