Bawaslu Touna Gandeng Pramuka Awasi Pemilu Serentak

Bawaslu Touna Gandeng Pramuka Awasi Pemilu Serentak
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melaksanakan sosialisasi partisipatif Saka Adhyasta Pemilu serentak 2019 bagi siswa-siswi SLTA sederajat se-Kabupaten Touna, di SMP 3 Ratolindo, Senin (26/11/2018).

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 200 anggota Pramuka siswa-siswi SLTA sederajat itu, dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Touna Drs. Abas didampingi dua Komisioner Bawaslu Kabupaten Touna yakni Suandi Tamrin Bilatulah, S.I.Kom dan Leming, S.Ag.

Ketua Bawaslu Kabupaten Touna Drs. Abas mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperluas personil di tingkat bawah terkait pengawasan pemilu.

“Bawaslu memilih anggota Pramuka sebagai bagian dari pengawas pemilu karena di nilai anggota Pramuka memiliki semangat yang cukup tinggi terhadap negara,” kata Abas di sela-sela kegiatan itu.

Menurutnya, kerja sama itu sesuai UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang intinya melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran Pemilu.

“Oleh karenanya, perlu peningkatan pengawasan Pemilu dengan menggandeng pihak lain dalam pengawasan partisipatif seperti Pramuka,” tuturnya.

Pada dasarnya, katanya, seluruh masyarakat mempunyai hak mengawasi Pemilu. Setiap yang memiliki hak pilih diperbolehkan menyampaikan informasi-informasi atas pelanggaran Pemilu.

“Oleh karenanya, Bawaslu memiliki slogan ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu’. “Rakyat kita ajak untuk mengawasi kegiatan pemilu,” katanya.(***).

157 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Facebook Comments