Bahas RKPD Tahun 2019, PemdaTouna Selenggarakan Forum OPD

Bahas RKPD Tahun 2019, PemdaTouna Selenggarakan Forum OPD
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Dalam rangka membahas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019, Pemerintah Daerah (Pemda) Tojo Una-Una (Touna) menyelengarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilaksanakan yang dilaksanakan selama dua hari yakni Senin (19/3/18) hingga Selasa (20/3/18) di Gedung Auditorium Kantor Bupati Touna.

Forum OPD Kabupaten Touna yang dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Touna, Admin AS. Lasimpala, S.IP dihadiri Ketua dan Wakil Ketua bersama anggota DPRD Touna, Sekertaris Daerah Kabupaten Touna, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Badan, Kepala Bagian Lingkup Pemda Touna, para tim penyusun RKPD tahun 2019, para Camat, Lurah dan Kepala Desa delegasi Kecamatan.

Wabup Touna, Admin AS. Lasimpala, S.IP mengatakan, forum OPD yang diselanggarakan saat ini, tentunya merupakan salah satu amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang system perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi RPJPD, RPJMD dan RKPD, dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat sesuai jenjang pemerintahan di Kabupaten.

“Rapat forum OPD ini sebagai tahapan tindak lanjut dari pelaksanaan Musrenbang Tingkat Desa dan Kecamatan serta pelaksanaan Reses DPRD Kabupaten Touna, yang produknya dalam bentuk dokumen usulan rencana program dan kegiatan OPD yang dibahas secara bersama-sama selama 2 hari yakni Senin dan selasa dalam forum OPD ini,” kata Wabup Touna saat membuka forum OPD itu.

Lanjutnya, forum OPD ini sebagai media diskusi memberikan sumbang saran, masukan dan menyatukan presepsi dan pemahaman pandangan terhadap penajaman dan penyelarasan program kegiatan yang berkualitas berdasarkan prioritas kebutuhan pembangunan daerah, yang akan dituangkan dalam dokumen RKPD sebagai acuan penyusunan RENJA OPD tahun 2019.

Olehnya, pada forum OPD tahun 2018 ini, sebagai acuan untuk penyusunan RKPD tahun 2019, Pemerintah daerah dengan mengetengahkan tema “Pembangunan dan Pemerataan Antar Wilayah Untuk Pertumbuhan Yang Berkualitas” tema ini bersinergi dengan isu strategis nasional saat ini, yang menjadi bagian penting dari RKP Nasional tahun 2019.

“Untuk itu focus RKPD tahun 2019 sesuai tema yaitu pada pemerataan terintegrasi dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atua dikenal dengan sebutan Sustainable Development Goals (SDGs),” jelasnya.(yya).

Keterangan Foto : Wabup Touna, Admin AS. Lasimpala, S.IP Saat Membuka Forum OPD Kabupaten Touna Tahun 2018 Untuk Perencanaan Angaran Tahun 2019, Senin (19/3/18) di Gedung Auditorium Kantor Bupati Touna.

195 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments