30 Orang Pelaku Wisata Touna Ikut Pelatihan Pramuwisata

30 Orang Pelaku Wisata Touna Ikut Pelatihan Pramuwisata
Rate this post

Touna, Satusulteng.com – Sebanyak 30 pelaku wisata yang berasal dari Wilayah Daratan dan Wilayah Kepulauan di Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) mengikuti pelatihan Pemandu Wisata (Pramuwisata) yang di selenggarakan oleh Dinas Parawisata Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (19/3/18) di Hotel Lawaka.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari itu dibuka oleh Asisten III Sekertariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Touna, Ir. Munawar Mapu, M.Si, mewakili Bupati Touna Mohammad Lahay, SE, MM. Turut hadir Kepala Dinas Parawisata Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Touna, Narasumber Pelatihan, Pejabat Lingkup Pemkab Touna dan tamu undangan.

Asisten III Setdakab Touna, Ir. Munawar Mapu, M.SI mengatakan, pelaksanaan pelatihan pramuwisata ini memiliki makna penting dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi pramuwisata.

“Sehingga mereka menjadi tenaga pramuwisata yang profesioan dan memiliki pengetahuan dan ketrampilan didalam memandu wisatawan domestic dan macanegara baik secara perorangan maupun rombongan,” kata Ir. Munawar Mapu, M.Si saat membuka pelatihan tersebut.

Menurutnya, industri keparawisatawan Sulawesi Tengah sangat berpeluang untuk menjadi salah satu daerah tujuan di Indonesia, karena Sulawesi Tengah memiliki beberapa destinasi wisata yang terdapat di masing-masing Kabupaten/Kota.

“Potensi ini dapat memberikan dampak positif terhadap daerah melalui perannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan pendapatan asli daerah, membuka lapangan kerja dan kelestarian lingkungan hidup,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, pembangunan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia menjadi sangat penting, karena itu melalui pelatihan pramuwisata ini kita dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada pramuwisata yang professional serta membekali mereka untuk dapat menjadi tenaga pramuwisata yang professional dan membekali mereka untuk dapat mengikuti ujian kompetensi bersertifikat Provinsi.

“Olehnya, dia berharap kepada Kepala Dinas Parawisata bersama asoisasi himpunan pramuwisata Sulawesi Tengah dan Kabupaten Touna serta seluruh staf teknis Dinas Parawisata agar memanfaatkan dan membekali mereka dengan pengetahuan dan ketrampilan dengan memanfaatkan seluruh potensi dan kemampuan yang ada untuk menjadikan daerah Sulawesi Tengah salah satu dari kunjungan parawisata,” tukasnya.(yya).

Keterangan Foto : Pose Bersama Asisten III Setdakab Touna, Ir. Munawar Mapu, M.Si, Kepala Dinas Parawisata Sulteng, Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Touna dan Peserta Pelatihan Pramuwisata.

258 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Facebook Comments